Home / SEPUTAR NUSA TENGGARA TIMUR / Wakapolres Belu Polda NTT, Hadiri Acara Pelepasan Rombongan Ziarah ke Larantuka

Wakapolres Belu Polda NTT, Hadiri Acara Pelepasan Rombongan Ziarah ke Larantuka

Tribratanewsntt.com,- Setiap tahun, sekitar seminggu menjelang Paskah, kota Larantuka di Kabupaten Flores Timur NTT, dengan khidmat merayakan Minggu Suci yang dikenal sebagai Semana Santa yang merupakan Prosesi puncak pada hari Jumat Agung atau Sesta Vera.

Pusat perayaan diadakan di dua patung suci, yaitu patung Yesus Kristus (secara lokal dinamai Tuan Ana) dan patung Perawan Maria (secara lokal dinamai Tuan Ma). Kedua patung tersebut dibawa oleh misionaris Portugis Gaspardo Espírito Santo dan Agostinhode Madalena pada abad 16. Patung-patung ini hanya ditampilkan kepada publik setiap hari Paskah.

Dalam prosesi itu, Umat Katholik dari seluruh pelosok maupun Mancanegara, datang untuk mengikuti tradisi keagamaan peninggalan bangsa Portugis itu. Tak ketinggalan Umat Katholik dari Kabupaten Belu, Malaka & Timor Tengah Utara (TTU), yang pada rabu (12/4/17), turut berangkat ke Larantuka-Flores Timur.

Pemberangkatan umat sebanyak 1000 orang yang terdiri dari Kab.Belu 700 orang, Malaka 150 orang dan TTU 150 orang, pagi tadi dilepas oleh Bupati Belu Willybrodus Lay, yang didampingi Wakil Bupati Belu Drs.J.T Ose Luan, Waka Polres Belu KOMPOL Oktovianus Wadu Ere, SH, Kasdim 1605 Belu, sejumlah pimpinan SKPD Belu, perwakilan Kejaksaan Negeri Atambua, Camat Kakuluk Mesak, Kapolsek Kakuluk Mesak IPTU Ketut Setiasa, SH dan Danramil Atapupu.

Sebelum umat diberangkatkan, terlebih dahulu dilakukan penyerahan lilin Paskah dari Bupati Belu kepada Kabag Kesra Setda Belu Ir. Fransiskus Hibu untuk dinyalakan pada saat prosesi di Larantuka nanti.

Usai penyerahan lilin,dilanjutkan dengan ibadah pelepasan rombongan peziarah, yang dipimpin oleh Romo Yoseph Tae Bria, Pr. Untuk diketahui, rombongan Peziarah berangkat dari teluk gurita Atapupu menuju Pelabuhan Waibolang – Larantuka, dengan menggunakan Kapal KMP Pulau Sabu yang berkapasitas muatan mencapai 1000 orang.

Pelepasan rombongan ini, dijaga ketat aparat Sat Intelkam Polres Belu, Sat Pol Air Polres Belu dan aparat Polsek Kakuluk Mesak. Rombongan Peziarah, bertolak sekitar pukul 13.0 wita dari pelabuhan teluk gurita yang mendapat pengawalan dari kapal patroli Pol Air Polres Belu kurang lebih 3 mil dari pelabuhan menuju lautan lepas.

Direncanakan rombongan Peserta Ziarah Rohani Semana Santa Larantuka 2017 ini, akan kembali pada hari Minggu tanggal 16 April 2017 dengan menggunakan Kapal yang sama.

About Humas Polda NTT

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polda NTT

Check Also

Hasil Autopsi Jenasah PD di Sumba Barat, Tidak didapati Proyektil. Masyarakat Agar Tidak Menyebarkan HOAX

Tribratanewsntt.com,-Menindak lanjuti insiden penyerangan dan pelemparan batu oleh masyarakat terhadap Personil Gabungan yang terdiri dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *