Home / SEPUTAR NUSA TENGGARA TIMUR / Dalam Kunjungan Kerjanya di Kabupaten Sumba Timur Ketua DPR RI Tinjau Lokasi Perkebunan Tebu
83871f7a-f6c9-4213-8d51-998bc6c5aa43

Dalam Kunjungan Kerjanya di Kabupaten Sumba Timur Ketua DPR RI Tinjau Lokasi Perkebunan Tebu

Tribratanewsntt.com – Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP Partai Golongan Karya an. Drs. Setya Novanto bersama rombongan mengunjungi Kabupaten Sumba Timur dalam rangka melakukan kunjungan kerja terkait kapasitasnya sebagai Ketua DPR RI.

Ketua DPR RI an. Drs. Setya Novanto beserta rombongan yang berjumlah 11 (sebelas) orang dengan menggunakan pesawat charter Nomor Penerbangan M-LILJ. Adapun rombongan Ketua DPR RI yakni Desti Novanto (anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar, Adis Kadir (anggota DPR RI Partai Golkar, Nurul Arifin (anggota DPR RI Partai Golkar), Yahya Zaeni (anggota DPR RI Partai Golkar), Reza (ajudan), Agung (ajudan), Putri (ajudan), Drs. Ibrahim A. Medah, Muhammad Ansor, Sigit Bawono dan Daud.

Rabu, (8/5/17) Pukul 14.15 Wita Ketua DPR RI Drs. Setya Novanto beserta rombongan 11 orang tersebut tiba di bandara Umbu Mehang Kunda Waingapu dengan menggunakan pesawat charter nomor penerbangan M-LILJ. Adapun pejabat di wilayah Kabupaten Sumba Timur yang turut menjemput yakni Bupati Sumba Timur, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sumba Timur, Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M. T. Silalahi, SH, MH, Bupati Sumba Tengah, Dandim 1601 Sumba Timur, Kajari Waingapu, Sekda Pemkab Sumba Timur, Asisten I Setda Pemkab Sumba Timur, Asisten II Setda Pemkab Sumba Timur, Asisten III Setda Pemkab Sumba Timur, Kasubden 3 Den A Pelopor Sumba Ketua Fraksi Partai Golkar Sumba Timur Ali Oemar Fadaq, Umbu Hapu (Anggota DPRD), ANTHON NDJUKA (Anggota DPRD) dan  Kasubden POM TNI.

Setibanya di ruang VIP Bandara Umbu Mehang Kunda Waingapu, rombongan melaksanakan santap siang bersama. Pada pukul 14.48 Wita rombongan bergerak menuju ke Desa Wanga, Kec. Umalulu untuk meninjau lokasi PT. MSM. Setelah tiba di perkebunan Ttebu PT. MSM yang berlokasi di Desa Wanga kecamatan Umalulu, Ketua DPR RI bersama rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke ladang kebun tebu lain yang masih berada di lokasi Perkebunan Tebu PT. MSM namun terletak di Desa Matawai Maringu kecamatan Kahaungu Eti yang berjarak sekitar 15 Km dari lokasi gerbang PT. MSM di Desa Wanga Kecamatan Umalulu.

Setelah tiba lokasi ladang kebun tebu milik PT. MSM yang berlokasi di Desa Matawai Maringu, di ladang kebun tebu tersebut Ketua DPR RI langsung memanen tebu serta menkonsumsinya bersama rombongan. Direktur Utama PT. MSM Bernardus Sektiono menjelaskan bahwa tanaman tebu tersebut mulai ditanam pada awal tahun 2016 dan apabila semua lahan tersebut sudah dapat ditanami maka produksinya akan menjadi dua kali lipat dari pada produksi tebu yang dihasilkan di Pulau Jawa. Selain itu, kualitas tebu yang dihasilkan juga lebih baik dari pada tebu yang dihasilkan di Pulau Jawa karena kadar gulanya lebih tinggi.

Dari kegiatan memanen Ketua DPR RI dan rombongan bergerak menuju ke sebuah Embung yang terletak di Desa Wanga yang masih berlokasi di dalam perkebunan tebu PT. MSM. Direktur Utama PT. MSM kemudian menjelaskan bahwa dasar embung tersebut dilapisi dengan membran dibawahnya sehingga air tidak dapat merembes ke dalam tanah dimana hal tersebut mengadopsi teknologi yang digunakan di negara Israel. Adapun ukuran dari embung tersebut adalah sebesar 2 Ha dengan kedalaman mencapai 8 meter dan apabila terisi penuh dapat mengairi ladang tebu sampai sekitar 200 (dua ratus) Ha.

Direktur juga menjelaskan bahwa saat ini embung yang dimiliki PT. MSM adalah sebanyak 8 buah dan dalam tahun ini akan dibangun 10 embung lagi. Adapun tenaga kerja yang telah direkrut adalah sebanyak 1300 orang dengan upah sesuai UMR sebesar Rp.1.525.000 serta mendapatkan perlindungan BPJS Tenaga Kerja.

Kegiatan peninjauan di di lokasi perkebunan tebu milik PT. MSM selesai Pukul 16.45 Wita.

About Humas Polda NTT

Check Also

2-2

Polres Sumba Barat Siap Terima Kunjungan Kapolda NTT

Tribratanewsntt.com – Hari ini seluruh jajaran keluarga besar Polres Sumba Barat sedang melakukan persiapan menyambut …

KOMENTAR PEMBACA