Home / Mitra Polisi / Polres Flores Timur Canangkan Flotim Sigap
1-1-15

Polres Flores Timur Canangkan Flotim Sigap

Tribratanewsntt.com – Polres Flotim, bertepatan dengan pelaksanaan upacara Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017 tanggal 30 Oktober 2017 bertempat di Pemda Kabupaten Flotim, Kapolres Flotim AKBP Arri Vaviriyantho, S.I.K., M.Si. menggagas dibentuknya FLOTIM SIGAP atau Flotim Sinergi Tiga Pilar. Pada penggagasan Flotim Sigap ini dikuatkan oleh komitmen tiga unsur Forkopimda Flotim dalam hal ini Bupati Flotim Antonius Gege Hadjon, Dandim 1624 Larantuka yang dalam hal ini diwakili oleh Kasdim 1624 Larantuka Mayor Gusti Budayana, dan Kapolres Flotim AKBP Arri Vaviriyantho.

Pada pembentukan Flotim Sigap ini yang dibangun pertama kali adalah tiga pilar pemerintahan desa/kelurahan yaitu bhabinkamtibmas, babinsa dan kades/lurah, dimana selain mereka harus bersinergi dalam deteksi dini gangguan kamtibmas, terutama bahaya terorisme di wilayah masing-masing juga terkait dengan instruksi Presiden tentang adanya pengawasan penggunaan dana desa.

3 Pilar tersebut memiliki dasar hukum yang kuat yaitu UU No. 2 tahun 2002 tentang Polri, UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI, dan UU no. 6 tahun 2014 tentang Desa.

Tugas pokok bhabinkamtibmas sendiri adalah harus dapat membimbing masyarakat bagi terciptanya pemeliharaan kamtibmas, penegakkan hukum, dan perlindungan, pengayoman serta pelayanan masyarakat di desa/kelurahan.

Demikian juga tugas pokok Kades/lurah harus memegang teguh pengamalan Pancasila dan UUD 1945 serta mampu menjaga keutuhan NKRI. Kades juga harus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakatnya.

Babinsa selain memiliki tugas melatih satuan perlawanan rakyat, memberikan penyuluhan tentang kesadaran bela negara juga harus mampu memberikan penyuluhan pembangunan masyarakat di bidang pertahanan dan keamanan negara.

Guna mensinergikan peran 3 Pilar tersebut, maka harus memegang beberapa prinsip yang harus dilaksanakan secara bersama-sama yaitu komunikasi aktif, transparansi, sinergi yang harmonis, kesetaraan dalam penyelesaian masalah, dan komitmen bersama untuk mewujudkan kamtibmas dan membangun kemitraan.

Hal ini sejalan juga dengan instruksi Presiden pada Apel Kasatwil Polri tahun 2017 lalu di Akpol Semarang yang mewajibkan Polri untuk bisa menyelesaikan setiap permasalahan sekecil apapun sebelum menjadi konflik yang meluas, terlebih dalam menghadapi pilkada 2018 dan pemilu 2019. Dengan adanya Flotim Sigap ini diharapkan ketertiban dan ketentraman kabupaten Flotim dapat terjaga sehingga iklim investasi ikut tergerak maju demi memenuhi misi kabupaten Flotim yaitu Desa Membangun, Kota Menata.

About Humas Polda NTT

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polda NTT

Check Also

img_20171116_122159-710617822.jpg

Bid Humas Polda NTT Supervisi di Polres Belu

Tribratanewsntt.com,-Tim Supervisi Bidang Humas Polda NTT dipimpin oleh Kasubbid PID Bid Humas Polda NTT AKBP …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *