Home / Headline / Bhabinkamtibmas Desa Pondo, Melakukan Uji Coba Alat Panen Sawah

Bhabinkamtibmas Desa Pondo, Melakukan Uji Coba Alat Panen Sawah

Tribratanewsntt.com,- Bhayangkara Pembina Kamtibmas (Bhabinkamtibmas) Desa Pondo, Kepolisian Resor Manggarai Barat (Polres Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) memperkenalkan kepada warga masyarakat binaannya untuk memaksimalkan penggunaan alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk menunjang aktivitas kaum tani.

“Alsintan sangat membantu petani untuk lebih efisien dan efektif dalam bekerja,” kata BRIGADIR Ardi Donbosko, di Desa Pondo, Kamis pagi (30/11/2017).

Ia menambahkan hal itu usai melakukan uji coba mengoperasikan langsung alat panen pada sawah kelompok tani di Desa Pondo, kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat.

BRIGADIR Ardi Donbosko mengutarakan bahwa, ia bekerja sama dengan salah satu pengusaha asal Makasar (Sulawesi Selatan) untuk mendatangkan alat mesin panen guna membantu warga binaannya. Ia menjelaskan, beberapa keunggulan alsintan ini adalah dari sisi waktu dapat selesai lebih cepat dan segi pembiayaan lebih ringan dibanding menggunakan jasa buruh atau pekerja.

“Kadang karena kelangkaan tenaga kerja, petani terpaksa menunda tanam dan pengerjaan lainnya hingga beberapa hari. Untuk mengatasi itu, lebih baik gunakan alsintan tersebut,” uajar BRIGADIR Ardi Donbosko

Bhabinkamtibmas Desa Pondo berharap dengan bantuan alsintan ini dapat membantu masyarakat, sebab dengan bantuan paralatan tersebut dapat mengurangi biaya operasional yang harus dikeluarkan.

Salah seorang anggota kelompok tani di Desa Pindo, menyambut baik langkah sang Bhabinkamtibmas untuk memfasilitasi alsintan bagi para petani.

Ia berharap agar selama musim panen ini penggunaan alsintan tersebut tetap beroperasi di Desa Pondo agar dapat membantu para petani dan meningkatkan produksi padi sehingga target swasembada pangan terwujud.

About Humas Polda NTT

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polda NTT

Check Also

IMG_0100.jpg

Kunjungan Kerja Kapolres Flotim Ke Polsek Wulanggitang

Tribratanewsntt.com – Kepala Kepolisian Resor Flores Timur Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Arri Vaviriyantho, S.IK,M.Si bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *