Home / Home / Tekan Lonjakan Harga Sembako, Satgas Pangan Polres Manggarai Barat Sidak Pasar 
IMG-20171214-WA0004.jpg

Tekan Lonjakan Harga Sembako, Satgas Pangan Polres Manggarai Barat Sidak Pasar 

Tribratanewsntt.com,-Satgas Pangan Polres Manggarai Barat bersama Dinas Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Manggarai Barat, Perum Bulog Labuan Bajo, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Manggarai Barat, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Manggarai Barat serta Dinas Kesehatan Manggarai Barat mulai melakukan sidak ke sejumlah pedagang di sejumlah pasar yang ada di Kota Labuan Bajo, Rabu (13/12/2017).

Dalam operasi stabilitas harga pangan yang dipimpin langsung Wakapolres Manggarai Barat, KOMPOL Edward Jacky T.Umbu Kaledi, SH,SIK,MM diawali di pasar Batu Cermin, Desa Batu Cermin, TPI Labuan Bajo dan di Pasar Baru, Desa Gorontalo bersama-sama dengan dinas terkait, dalam sidaknya melakukan tanya jawab kepada para pedagang, serta kepada beberapa pembeli.

“Kita turun ke pasar pasar termasuk Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Labuan Bajo guna memantau harga kebutuhan Pokok jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, ini sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat, di mana ada kerja sama Kapolri dan Kementrian di tingkat pusat kemudian dijabarkan ditingkat daerah, dan kegiatan ini dilaksanakan secara teknis gabungan antara Polri dan semua instansi terkait yang khususnya bertujuan menjaga stabilitas harga pangan di wilayah kabupaten Manggarai Barat”, ungkap Wakapolres Manggarai Barat, KOMPOL Edward Jacky T.Umbu Kaledi, SH,SIK,MM.

“Kita melakukan pengecekan secara langsung kepada para pedagang pedagang besar, selain menekan lonjakan harga jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, kita juga akan mendata semua temuan pada hari ini dan kepada para pedagang kita akan berikan sosialisasi dan himbauan mengantisipasi adanya pedagang nakal, yang dimungkinkan menaikkan harga sesukanya, atau menimbun bahan bahan pokok, apabila dikemudian hari kita temukan akan dilakukan penindakan”,terang Wakapolres.

Dari pantauan para petugas satgas pangan belum menemukan lonjakan harga, semuanya sesuai dengan harga standar, seperti beras pada kisaran Rp 11.000/kg untuk, sementara kebutuhan pokok lainnya seperti gula pasir petugas menemukan salah satu pedangang yang membeli di luar Bulog dengan kisaran harga Rp 13.000/kg sehingga harga yang dijual kembali mengalami lonjakan sangat signifikan. Kepada pedagang tersebut petugas memberikan himbauan agar membeli di Bulog dengan harga Rp 11.000 /kg yang mana pedagang atau distributor dapat menjualnya kembali dengan harga Rp 12.500/kg.

Sementara itu, Perum Bulog Labuan Bajo memastikan ketersediaan bahan pangan jelang Natal dan Tahun Baru 2018 dalam kondisi aman. Kansilog Perum Bulog Labuan Bajo, Ansar Lekymali mengatakan, stok komoditi yang ada di gudang saat ini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi rata-rata masyarakat jelang Natal 2017 dan Tahun baru 2018.

Adapun bahan pangan pokok yang dimaksud itu ialah beras, gula pasir, minyak goreng, dan bawang putih dengan harga masing -masing sebagai berikut beras Rp 8.100/kg, minyak goreng Rp 12.500/liter, gula pasir Rp.12.500/kg dan bawang putih Rp.17.000/kg.

About Humas Polda NTT

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polda NTT

Check Also

48269267_2214795942065330_6792925472264028160_o

Perkuat Sinergitas, Polres Belu, Brimob dan TNI Gelar Olahraga Bersama

Tribratanewsntt.com,- Kebersamaan penuh warna dan keakraban, kembali ditunjukkan Kepolisian Resor Belu dan jajaran TNI yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *