Home / Home / Demi Memantapkan Pengamanan Pilkada, Polres Ngada Adakan Gladi Bersih Simulasi
IMG_6231-660x330

Demi Memantapkan Pengamanan Pilkada, Polres Ngada Adakan Gladi Bersih Simulasi

Tribratanewsntt.com,- Untuk memantapkan pengamanan pemihan Kepala Daerah serentak 2018 di kabupaten Nagekeo, Polres Ngada menggelar Gladi bersih Simulasi Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah di lapangan Kartini Bajawa yang disaksikan langsung Kapolres Ngada AKBP Firman Affandi, SIK, selasa (06/01/18) pagi tadi.

Gladi bersih Simulasi pengamanan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  juga melibatkan seluruh personil Polres dan Polsek jajaran serta ditambah pelajar dari SMAK Regina Pacis Bajawa sebagai bulshit, dipimpin oleh Kabag Ops Polres Ngada Kompol Jamaludin yang mengasumsikan pemilihan kepala daerah seperti sebenarnya, dengan membuat TPS dan menempatkan panitia Pilkada serta petugas keamanan TPS.

Dalam gladi bersih simulasi ini, petugas memperagakan berbagai antisipasi keamanan salah satunya saat terjadi aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh massa pendukung calon bupati dan wakil bupati yang tidak terima dengan hasil keputusan panitia.

Awalnya para pengunjuk rasa itu mendatangi kantor KPUD kab. Nagekeo untuk menemui ketua KPUD. Mereka menyampaikan ketidakpuasan dengan menggelar aksi damai dengan berorasi, namun tiba-tiba aksi mereka semakin beringas, mereka melempar petugas pengamanan juga berteriak-teriak menyatakan tidak puas terhadap hasil kerja Panitia Pilkada. Menghadapi situasi semakin memanas dan tidak terkendali akhirnya petugas mengambil tindakan tegas sesuai tahapan dan prosedur pengamanan dengan menurunkan Dalmas awal, Dalmas lanjut dan Raimas (pengurai massa) yang sudah dibentuk.

“Kita matangkan gladi bersih simulasi pelatihan pengamanan Pilkada pagi ini, karena seperti yang telah diperintahkan oleh Bapak Kapolres, akan diperagakan simulasi pengamanan Pilkada pada hari kamis tanggal 08 januari 2018 ,” ucap Kompol Jamalludin usai latihan.

Simulasi ini juga menampilkan pembebasan Ketua KPUD Kab. Nagekeo yang disandra. Dengan diadakannya simulasi itu harapannya dapat melatih kesigapan pasukan pengamanan dalam menghadapi Pilkada yang akan digelar nanti.

About Humas Polda NTT

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polda NTT

Check Also

img-20180618-wa00221718724741.jpg

Polres Kupang amankan Kegiatan Sholat Idul Fitri

Tribratanewsntt.com,- Jumat pagi (15/6/18) berlangsung kegiatan Sholat Idul Fitri di lapangan merah Polres Kupang. Sholat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *