Home / Headline / Melalui Pelatihan Walpri Tingkatkan Profesionalisme Polri yang Modern dan Terpercaya
WhatsApp Image 2018-02-05 at 10.07.48

Melalui Pelatihan Walpri Tingkatkan Profesionalisme Polri yang Modern dan Terpercaya

Tribratanewsntt.com,- Dalam menciptakan pemilukada yang aman dan damai terutama dalam mengamankan Paslon di butuhkan postur pengawal yang memilik kemampuan dan loyalitas tinggi, untuk itu Polda NTT melalui Direktorat Pengamanan Obyek Vital mengadakan pelatihan bagi para peserta walpri (wakil pribadi) calon Guburnur / Cawagub serta Bupati / Cawabup Pilkada serentak Tahun 2018.

Peserta pelatihan walpri berjumlah 138 orang yang terdiri dari empat orang Polwan dan 134 Polki. Dari 138 peserta 47 peserta merupakan peserta staff Mapolda NTT dan 91 peserta merupakan perwakilan dari beberapa Polres jajaran Polda NTT yang mengikuti Pemilukada Tahun 2018.

Senin 2/2/18 Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Raja Erizman di Aula SPN Kupang membuka dengan resmi Pelatihan Walpri yang di selenggarakan selama dua hari. Hadir dalam kegiatan tersebut  Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Victor G. Manoppo serta seluruh Pejabat Utama Polda NTT.

Sebelum Mengakhiri sambutannya Kapolda NTT menyampaikan beberapa penekanan yang perlu di perhatikan oleh para peserta Pelatihan antara lain ;

  1. Agar para walpri memahami tentang sistem dan cara bertindak dalam pengamanan dan pengawalan VIP agar tidak salah dalam bertindak.
  2. Para walpri bergerak, mengikuti atau mendampingi langsung untuk melindungi, mengamankan dan menyelamatkan Cagub/Cawagub maupun Cabub/Cawabup sebagai tirai hidup.
  3. Melakukan pengawasan terhadap gerakan masyarakat di sekitar guna mengantisipasi terhadap serangan fisik yang ditujukan kepada Cagub/Cawagub baik melalui pengamanan terbuka maupun tertutup.
  4. Melakukan tindakan penyelamatan (escape) apabila terjadi ancaman dan gangguan terhadap Cagub/cawagub.
  5. Melakukan pertahanan, serangan balasan, perlawanan dan perlindungan serta melumpuhkan lawan yang melakukan penyerangan terhadap Cagub/Cawagub.
  6. Sebagai satuan pengaman, pelindung serta penindak terhadap ancaman / gangguan kepada Cagub/Cawagub.

Adapun Materi yang dilatihkan dalam pelatihan ini yakni pelatihan Kirka Intelijen yang dibawakan oleh wadir Itelkam Polda NTT, pelatihan Teknik Pengawalan VVIP dibawakan oleh Brimob Plda NTT, Teknik Pengawalan Lantas dibawakan oleh Ditpamobvit Polda NTT, Latihan Menembak di bawakan oleh Brimob Polda NTT dan Bela diri polri dibawakan oleh SPN Kupang.

 

About Humas Polda NTT

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polda NTT

Check Also

190716181712-terim

Jajaran Polres Kupang Kota Tangani Kasus Persetubuhan Seorang Mahasiswa Terhadap Siswi SMP

Tribratanewsntt.com,- Jajaran Polres Kupang Kota menangani kasus percabulan dan persetubuhan yang dilakukan seorang mahasiswa berinisiall …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *