Home / Giat Ops / HUT Bhayangkara Ke 72, Presiden RI Apresiasi Kinerja Polri dimana Indonesia merupakan 10 Negara Teraman di dunia
23a74994-9378-46c5-9676-e7ad3202a4b3

HUT Bhayangkara Ke 72, Presiden RI Apresiasi Kinerja Polri dimana Indonesia merupakan 10 Negara Teraman di dunia

Tribratanewsntt.com,- Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol. Drs. Raja Erizman bertindak sebagai Irup pada pelaksanaan Upacara dalam rangka HUT Bhayangkara ke 72, Rabu pagi (11/7/18).

Upacara yang berlangsung di lapangan Mapolda NTT ini berlangsung khidmat dan dihadiri oleh Wakapolda NTT, Irwasda Polda NTT, para pejabat utama Polda NTT dan Bhayangkari Daerah NTT serta para peserta upacara dari personil Polda NTT.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda NTT membacakan amanat langsung dari Presiden RI Ir. Joko Widodo.

“Atas nama Negara saya menyampaikan ucapan Selamat Hari Bhayangkara ke 72 kepada segenap anggota dan keluarga besar Kepolisian RI diamanapun Saudara berada dan bertugas,dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote” ucap Kapolda NTT membacakan sambutan Presiden RI.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada anggota Polri yang dengan penuh kesungguhan bertugas di daerah pedalaman, di wilayah perbatasan, di wilayah terpencil, di pulau-pulau terdepan serta yang sedang mengemban Misi Internasional di luar negeri” tambahnya.

Pada peringatan hari Bhayangkara ke 72 ini, kita mendapatkan kabar baik karena dunia internasional telah menempatkan Indonesia ke dalam daftar 10 negara teraman di dunia berdasarkan Law And Order index yang dikeluarkan oleh lembaga riset Internasional Gallups Lawand Order sebuah capaian yang membanggakan kita semua.

4e4a614d-6ede-4e10-84f2-19929bc657e4

Sebuah capaian yang harus kita jaga dan pertahankan. Sebuah capaian yang merupakan hasil kerja seluruh elemen bangsa. Di dalamnya, tentu ada peran anggota Polri, ada kerja keras anggota Polri, serta ada pengabdian dan dedikasi anggotaPolri.

“Saya juga menyampaikan apresiasi kepada anggota Polri yang bekerja keras sehingga penyelenggaraan Pilkada serentak di di 171 Daerah bisa berjalan secara aman dan tertib” lanjut Kapolda.

Apa yang dilakukan oleh setiap Anggota Polri adalah wujud pengabdian terbaik kepada rakyat, bangsa dan negara. Seluruh anggota Kepolisian Republik Indonesia dimanapun berada tengah melaksanakan tugas mulia, terhormat dan membanggakan sebagai Bhayangkara Negeri.

Bhayangkara Negeri yang selalu sigap menjaga keamanan, ketertiban serta memberikan pengayoman, perlindungan dan pelayanan kepada segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Tapi, saya mengingatkan agar seluruh anggota Polri tidak cepat berpuas diri. Karena, kedepan Polri akan menghadapi tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks” tambahnya.

Tuntutan dan harapan rakyat terhadap Polri semakin meningkat terlebih lagi saat dunia sekarang ini terus berubah, terus berkembang dan bergerak dengan kecepatan tinggi yang membawa tantangan-tantangan ancaman-ancaman baru terhadap situasi keamanan dalam negeri.

Di era digital seperti saat ini, Polri harus mampu mengantisipasi perkembangan tindak kejahatan yang semakin beragam, berevolusi dalam berbagai wujud dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi Polri juga harus semakin siap menghadapi kejahatan yang bersifat transnasional seperti ancaman kejahatan Siber, Human Trafficking, Drug Trafficking sampai dengan Armed Smuggling.

1cbecfe1-d999-4177-96a7-c3182a923a13

Selain itu, Polri harus terus meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan dalam menghadapi ancaman kejahatan terorisme.

Terorisme adalah kejahatan luar biasa terhadap negara, bangsa serta kemanusiaan hampir semua negara di dunia menghadapi ancaman kejahatan terorisme ini. Ancaman terorisme, bukan hanya terjadi di langkah antisipasipatif, memerlukan perencanaan yang detail dan matang, agar segala potensi kerawanan dapat dicegah dari awal Polri juga perlu senantiasa menjalankan perannya dalam menjaga kerukunan serta menjaga nilai-nilai kebinekaan.

Polri harus terus mengantisipasi dan mencegah berbagai potensi konflik horizontal dengan mengangkat sentimen primordial, seperti mempertentangkan perbedaan Suku, Agama, Dan Ras. Polri harus tetap membangkitkan rasa persaudaraan, menggalang kerukunan dan persatuan antar elemen masyarakat, sehingga kita tidak masuk dan terjebak dalam lingkaran permusuhan dan kebencian.

Presiden RI menginstruksikan seluruh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk terus meningkatkan kinerjanya melalui upaya-upaya yakni memantapkan soliditas internal dan Profesionalisme Polri untuk menumbuhkan dan memperkokoh semangat kebersamaan dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks. Selain itu perlu dilakukan perbaikan terhadap kelemahan- kelemahan yang ada, terutama dalam penegakan hukum harus dilakukan secara profesional, transparan, dan berkeadilan. Tekan budaya koruptif dan hindari tindakan yang berlebihan atau kekerasan eksesif karena kontra produktif dan berdampak pada turunnya tingkat kepercayaan publik kepada Polri. Kedepankan langkah-langkah pencegahan melalui Proactve Policing Strategy dan tindakan humanis dalam menangani setiap permasalahan sosial yang timbul. Tingkatkan sinergi, koordinasi, dan komunikasi dengan TNI dan semua elemen pemerintah maupun masyarakat sebagai implementasi pendekatan sinergi polisional .

“Saya yakin dengan iktiar untuk melakukan perbaikan- perbaikan, terus memperkuat soliditas dan berpegang teguh pada profesionalisme maka Polri akan bisa menjadi institusi yang semakin dipercaya rakyat dalam menjaga stabilitas kamtibmas, penegakkan hukum dan sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat” Pungkas Kapolda NTT.

“Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia yang Ke-72

Terus tegaklah menjadi Rastra Sewakottama Abdi Utama Nusa Dan Bangsa”

About Humas Polda NTT

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polda NTT

Check Also

PSX_20180821_231025

Pameran Pembangunan Hari keenam, Stan Polda NTT Ramai Dikunjungi Warga

Tribratanewsntt.com – Pameran pembangunan yang dilakasanakan di jalan Timor Raya, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *