Home / Home / Polres Mabar Bersama Instansi Terkait Melaksanakan Simulasi Penanggulangan Bencana Alam di Manggarai Barat
IMG-20181009-WA0008-1050x525 (1)

Polres Mabar Bersama Instansi Terkait Melaksanakan Simulasi Penanggulangan Bencana Alam di Manggarai Barat

Tribratanewsntt.com – Menjelang annual meeting IMF, kementrian koordinator Kemaritiman RI dan para dosen ITB bersama Polres Mabar serta instansi terkait lainnya menggelar simulasi penanggulangan bencana alam di Hotel Laprima Labuan Bajo. Sabtu (06/10/2018) lalu.

Tujuan simulasi dilakukan untuk mengantisipasi dampak bila mana terjadinya bencana alam. Mulai dari Upaya penyelamatan korban jika terjadi bencana alam yang terjadi di Manggarai Barat dapat dilaksanakan secara maksimal.

Simulasi juga di hadiri oleh Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumowardo S.I.K., M.Si. serta Wakapolres Mabar Kompol Alberd Y. Ndun.

Sekitar pukul 09.00 wita simulasi di buka oleh Bapak Wahyu Widodo yang merupakan perwakilan Deputi Koordinator Kedaulatan Maritim. Simulasi pertama terfokus pada upaya penyelamatan dan pengamanan darat.

Simulasi kedua dilanjutkan upaya pengamanan laka laut. Dalam simulasi ini pasca mendapatkan informasi laka laut
Pihak basarnas bertugas memberikan informasi kepada KUPP Labuan Bajo, Polisi dalam hal ini Polres Mabar, sertaTNI AL. Lalu semua instansi wajib berkumpul di lapangan dalam waktu 10 menit.

Dijelaskan, bahwa dalam penanganan korban wajib di lakukan oleh tim medis dan proses penyelidikan dilakukan oleh Polres manggarai barat.

Secara teknis simulasi penanganan bencana ini melibatkan berbagai instansi pemerintahan dgn masing- peran. Basarnas bertugas memberikan informasi kepada polisi, TNI AL, dan juga Kantor Kesehatan Pelabuhan pasca mendapat informasi kecelakaan laut.

Pasca proses penanganan dan pengamanan, konpers juga harus dilakukan oleh pihak Polres Mabar serta Basarnas sebagai bentuk publikasi.

Simulasi ini dilakukan kurang lebih selama 3 jam yang berakhir pukul 12.00 WITA dengan aman dan lancar. (Rf)

About Humas Polda NTT

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polda NTT

Check Also

IMG_20181022_132507.jpg

Pemilu 2019, Bahaya Dibalik Selfie Menggunakan Gestur Jari Bagi Anggota Polres Belu

Tribratanewsntt.com,- Terkait pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019, Kapolres Belu AKBP Christian Tobing, S.I.K., M.Si …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *