Home / Headline / Kapolda NTT Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018
IMG_20181110_074103-02

Kapolda NTT Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018

Tribratanewsntt.com – Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT), Irjen Pol. Drs. Raja Erizman memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2018 tingkat Provinsi NTT di alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT, Kota Kupang, Jumat (10/11/2018).

Kapolda NTT membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia (RI), Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si, yang pada intinya menjadikan rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tahun 2018 untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia.

“Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari”, ujar Kapolda NTT.

“Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat sfafis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia”, tambahnya.

Lebih lanjut, Kapolda NTT menyampaikan, Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah “Semangat Pahlawan Di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara lndonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hari yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

Ia juga menyatakan bahwa, peringatan Hari Pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa lndonesia untuk melakukan introspeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nirai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

“Pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya namun tidak ada kata akhir/berhenti untuk berjuang. Setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis”, imbuhnya.

Terkait hal itu, melalui Kapolda NTT, Menteri Sosial RI mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjadikan momentum peringatan Hari Pahlawan ini untuk melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

“Mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan”, harapnya.

“Selanjutnya transformasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi, menjadikan inspirasi rakyat lndonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia”, lanjutnya.

“Setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya”, ucap Kapolda NTT.

Terkait dengan hal tersebut, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru. Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini.

Diakhir sambutan Menteri Sosial RI yang dibacakannya, Kapolda NTT mengucapkan selamat hari Pahlawan ke- 73 Tahun 2018.

“Kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosiar. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita”, tutupnya.

Upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2018 tingkat provinsi NTT dihadiri oleh Wakapolda NTT, Brigjen Pol Drs. Johanis Asadoma, M.Hum, Ketua DPRD NTT, H. Anwar Pua Geno, Ketua TP.PKK NTT, Julie Laiskodat, para pejabat pemerintahan lingkup Pemrov. NTT, Forkopimda Prov. NTT, Pejabat Utama Polda NTT dan para undangan lainnya.

Sedangkan peserta upacara terdiri dari personil TNI, Polri, ASN dan para pelajar. (*Rf)

About Humas Polda NTT

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polda NTT

Check Also

IMG-20181218-WA0069

Gelar Pasar Murah di Mapolda NTT Ditandai dengan Penyerahan Paket Sembako Kepada Warga Kurang Mampu

Tribratanewsntt.com – Pembukaan Pasar Murah yang digelar di lapangan Mapolda NTT ditandai dengan penyerahan paket sembako …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *