Home / Giat Ops / JELANG PILKADA, POLISI GELAR SIMULASI PENGAMANAN PILKADA
IMG_8142-660x330

JELANG PILKADA, POLISI GELAR SIMULASI PENGAMANAN PILKADA

Tribratanewsntt.com –  Polres Ngada Dalam rangka persiapan pengamanan rangkaian Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 di kabupaten Nagekeo, Kepolisian Resor Ngada menggelar simulai sistem (Sispam) kota di lapangan Kartini Bajawa Kabupaten Ngada, Kamis (08/02/2018). Simulasi tersebut juga diikuti pelajar dari SMAK regina Pacis Bajawa.

Pada rentetan acara tersebut, polisi memperagakan pengamanan dalam berbagai tingkatan situasi, dimulai dari pengamanan lalu lintas, pengamanan calon bupati dan wakil bupati oleh anggota Walpri,  lokasi tempat pengumutan suara (TPS), penanganan apabila terjadi kerusuhan guna menjaga situasi agar tetap kondusif hingga penanganan pembebasan sandra.

Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh Kapolres Ngada AKBP Firman Affandi,  SIK Dandim 1625 ngada, ketua KPUD kabupaten Ngada dan Nagekeo, ketua Panwaslu kabupaten Ngada dan Nagekeo.

Skenarionya adalah adanya pihak-pihak yang tidak terima dengan hasil perhitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Massa yang tak puas menyerbu KPU. Polisi melakukan pengamanan.

Massa yang datang sambil berorasi ditemui tim negosiator. Mereka kemudian masuk ke kantor KPU untuk berdiskusi. Namun diskusi menemui jalan buntu yang membuat massa emosi dan kehilangan kesabaran. Massa mulai melakukan pelemparan batu dan air mineral.

Anggota dalmas dari satuan sabhara Polres Ngada dengan tameng terus menghalangi massa yang justru akan berusaha membuat kerusuhan lain, yakni membakar kantor KPU. Tindakan tegas pun dilakukan. Personel dalmas dibantu mobil WTC dengan semprotan airnya mendesak massa agar mundur.

Personel pengurai massa (raimas) dengan motor trailnya juga berusaha membubarkan massa dengan tembakan gas air mata. Api yang membakar ban yang disulut massa di jalanan pun berhasil dipadamkan.

Kapolres berharap, melalui simulasi tersebut seluruh satuan yang bertugas nantinya sudah siap dan mengerti tindakan yang harus dilakukan dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada Serentak 2018 di NTT khususnya di Kabupaten Ngada dan Nagekeo.

Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan simulasi pengamanan Pilkada,dilanjutkan dengan penyerahan kendaraan dinas roda dua kepada para kapolsek jajaran dan melakukan rapat koordinasi singkat yang dipimpin Kapolres dan Dandim 1625 Ngada di aula Polres Ngada.

About Humas Polda NTT

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polda NTT

Check Also

IMG_20180523_151756.jpg

Kabid Humas Polda NTT menjadi Narasumber dalam Rakernis Ditreskrimum

Tribratanewsntt.com – Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol. Jules A. Abast menjadi salah satu Narasumber …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *