Home / Home / Antisipasi Kecelakaan, Sat Lantas Polres Ngada Bersihkan Pasir di Jalan
Screenshot_20180928-104411-01

Antisipasi Kecelakaan, Sat Lantas Polres Ngada Bersihkan Pasir di Jalan

Tribratanewsntt.com – Sejumlah personel dari Sat Lantas Polres Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT) membersihkan pasir yang berserakan di badan jalan, tepatnya di tikungan jembatan Waewoki Bajawa kabupaten Ngada, selasa (25/09/18).

Pantauan di lapangan sejumlah anggota Polisi itu dan beberapa sopir truk pasir menggunakan mobil tangki air membersihkan pasir yang berserakan. Karena jika dibiarkan maka bisa membuat pengendara sepeda motor tergelincir sehingga mengalami kecelakaan.

Kasat Lantas Polres Ngada AKP Sudirman, S.Sos menyampaikan, petugas sengaja turun ke jalan untuk membersihkan jalan yang berpasir di beberapa tempat.

“Untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas, akibat kondisi jalan yang berpasir, ” katanya.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas karena pasir dan tanah dapat membuat daya cengkram ban menjadi tidak berfungsi (slip).

Screenshot_20180928-104158-01Bahaya pasir dan tanah yang bertebaran di jalan ini. Kami khawatir, terutama yang pakai sepeda atau sepeda motor bannya slip malah bikin hal nanti.

“Kecelakaan di jalan raya bukan hanya karena human error saja, akan tetapi keberadaan pasir dan tanah yang seperti ini (berada di badan jalan) juga bisa jadi penyebabnya. Untuk itu, sebelum kejadian harus sudah diantisipasi. Makanya kami berinisiatif saja bersama beberapa sopir truk pasir untuk membersihkannya,” ujar Kasat Lantas Polres Ngada.

Ia mengajak kepada pengguna jalan terutama yang menggunakan sepeda motor agar berhati-hati di jalan yang terdapat pasir. Kemudian tidak memacu kendaraan dijalan berpasir sebab bisa berbahaya bagi pengguna.

“Kedepan jangan ada yang begini lagi, terutama kepada sopir truk pasir. kita jaga untuk keselamatan bersama. Kita mana tahu, walaupun nampaknya sepele tetapi bisa menimbulkan bahaya yang besar bagi pengguna jalan,”lanjutnya.

Kasat Lantas juga menghimbau kepada sopir truk untuk tidak memuat  bahan material berupa pasir atau kerikil yang melebihi bak kendaraan serta perhatikan pintu belakang dump truk agar ditutup rapat.

About Humas Polda NTT

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polda NTT

Check Also

WhatsApp-Image-2018-12-15-at-22.19.01

Operasi Pekat, Polres Sumba Timur Amankan Miras dan Sajam

Tribratanewsntt.com,- Jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Polres Sumba Timur, Sabtu (15/12/18) malam, menggelar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *