Home / Giat Ops / Jalankan Fungsi Pengawasan Dana Desa, Kanit Binmas Polsek Bola Rutin Memantau Pembukaan Jalan Baru Bagi Warga Desa Persiapan Mahetana

Jalankan Fungsi Pengawasan Dana Desa, Kanit Binmas Polsek Bola Rutin Memantau Pembukaan Jalan Baru Bagi Warga Desa Persiapan Mahetana

Tribratanewsntt.com – Guna menjalankan fungsi pengawasan dana desa, Kanit Binmas Polsek Bola Polres Sikka, Bripka Yohanes Rani Losa, rutin memantau dan ikut melakukan survey terkait pembukaan jalan baru bagi warga dusun hebar, desa peesiapan Mahetana, Kecamatan doreng, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (25/6/2019) Kemarin.

Saat dikonfirmasi oleh Humas Polda NTT, Rabu (26/6/2019) pagi, Kanit Binmas mengatakan keikutsertaannya dalam survey ini sudah sesuai dengan MoU antara Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian dengan mendagri dan menteri desa PDTT tentang dana desa, dan MoU tersebut untuk memperkuat pengawasan dana desa, oleh anggota Polri karena epolisian mempunyai unit sampai ke desa-desa, yakni Babinkambtibmas.

“Disepakati bahwa anggota Polri (Bhabinkamtibmas) bisa ikut mengawasi dan mengajak masyarakat untuk terlibat dalam proses penggunaan dana desa dan pengawasannya, karena penggunaan dana desa, dimulai dari musyawarah di desa untuk menentukan anggaran pendapatan dan belanja desa, Namun, masih banyak desa yang tak melibatkan masyarakat dalam musyawarah desa, dengan adanya anggota Polri yang ada, maka proses pengawasan, pendampingan, dan kerja sama diharapkan penyaluran dana desa bisa lebih efektif dan kemungkinan penyimpangan bisa diperkecil dan dihindari,” ujar Bripka Yohanes Rani Losa.

Rencananya kegiatan pembukaan jalan baru tersebut menggunakan dana desa tahap satu sebesar Rp 210.000.000 dari desa induk yaitu Desa Nenbura.

“Adapun kegiatan survei pembukaan jalan baru dan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan baru ini dilakukan oleh Pjs Kepala Desa Persiapan Mahetana, Servasius Yulfrisa, Kepala Dusun Hebar Servasius Senti, Kasi Pelayanan dan Kesejahteraan Desa Persiapan Mahetana Kornelis Marinto, serta Tokoh Masyarakat Dusun Hebar”, pungkasnya. (G)

About Humas Polda NTT

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polda NTT

Check Also

Lepas Dua Personel yang Purnatugas, Polres Flotim Gelar Upacara Pedang Pora

Tribratanewsntt.com – Polres Flores Timur (Flotim) menggelar upacara dan tradisi pedang pora pelepasan dua personel …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *