Home / Giat Ops / Ops Zebra Turangga 2019, Irwasda Polda NTT : Salah Satu Yang Menjadi Fokus Perhatian Saat Ini Adalah Keselamatan Bagi Pengguna Jalan

Ops Zebra Turangga 2019, Irwasda Polda NTT : Salah Satu Yang Menjadi Fokus Perhatian Saat Ini Adalah Keselamatan Bagi Pengguna Jalan

Tribratanewsntt.com – Polri telah menetapkan kalender operasi Zebra, yang rutin dilaksanakan selama 14 hari, yang dimulai dari tanggal 23 Oktober 2019 sampai dengan 5 September 2019, secara serentak diseluruh Indonesia.

Hal ini dikatakan oleh Irwasda Polda NTT Kombes Pol Drs. Tavip Yulianto, S.H., M.H., M.Si saat membacakan amanat Kapolda NTT irjen Pol Drs. Hamidin pada apel gelar pasukan operasi Zebra Turangga 2019 di Mapolda NTT, Rabu (23/10/2019) pagi.

“Salah satu yang menjadi focus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalulintas. Dalam konteks ini lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas”, ucap Kombes Pol Drs. Tavip Yulianto.

Lanjut dikatakanya, keselamatan dalam berlalulintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. Hal itu dapat ditunjukan dari political will pengguna lalulintas. Kesadaran kendaraan bermotor, maupun pengguna jalan lainnya masih rendah.

“Secara umum dari hasil evaluasi bahwa dominasi pelanggran yang terjadi adalah pelanggaran kelengkapan surat-surat kendaraan, penggunaan helm SNI, penggunaan Safety Belt dan pelanggaran terhadap rambu atau marka jalan”, ujarnya.

“Untuk sasaran dan target operasi, penajamannya ditentukan oleh masing-masing wilayah sesuai dengan anev situasi kamseltibcarlantas terkini”, tambahnya.

Irwasda Polda NTT menuturkan sasaran operesi Zebra 2019 antaralain, pengemudi menggunakan Handpone, pengemudi melawan arus, berboncengan lebih dari satu, pengemudi dibawah umur, tidak menggunakan helm SNI, pengemudi kendaraan bermotor memakai narkoba atau mabuk, pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

“Dengan penindakan sasaran pelanggaran lalulintas tersebut maka diharapkan operasi Zebra tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas dan meminimalisir kemacetan lalulintas serta terwujudnya kamsertibcarlantas yang mantap”, pungkasnya.

Apel Gelar pasukan Operasi Zebra 2019 yang ditandai dengan penyamatan pita operasi ini dihadiri oleh pejabat utama Polda NTT dan pejabat instansi terkait serta undangan lainnya.

Sementara peserta upacara terdiri dari personel Satuan kerja polda NTT, ASN Polri serta Personel dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU. (Rf)

About Humas Polda NTT

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polda NTT

Check Also

Kapolda NTT dan Pangdam IX/Udayana Pimpin Pengamanan VVIP Rangkaian Kegiatan Kunker Presiden RI di Labuan Bajo

Tribratanewsntt.com – Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Hamidin bersama dengan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny …