Home / Headline / Hari Pahlawan, Wakapolda NTT Pimpin Upacara Ziarah di TMP Dharma Loka

Hari Pahlawan, Wakapolda NTT Pimpin Upacara Ziarah di TMP Dharma Loka

Tribratanewsntt.com – Wakil Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Wakapolda NTT) Brigjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum pimpin upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Loka, Kota Kupang, Senin (11/11/2019) pagi.

Upacara ziarah yang dilaksanakan pada pukul 07.30 Wita ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2019 tingkat provinsi NTT.

Hadir dalam upacara ini sejumlah pejabat daerah dan instansi terkait, personel TNI Polri serta undangan lainnya.

Sebelum tabur bunga, Wakapolda NTT mengajak peserta upacara untuk mengheningkan cipta sejenak guna mengenang jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara dan Bangsa Republik Indonesia.

Usai mengheningkan cipta, Wakapolda NTT dan para pejabat melakukan tabur bunga di Makam para Pahlawan serta memberikan doa kepada para pejuang yang telah gugur.

Untuk diketahui, pada 10 November 1945 telah terjadi peristiwa besar di Surabaya. Setelah proklamasi kemerdekaan dikumandangkan pada 17 Agustus 1945, Indonesia masih harus berjuang dalam pertempuran. 

Peristiwa yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, termasuk Surabaya, menggerakkan perlawanan rakyat dari berbagai daerah untuk mengusir penjajah. Sehingga menyebabkan banyaknya pejuang yang menjadi korban waktu itu. Inilah yang melatarbelakangi 10 November ditetapkan sebagai hari pahlawan nasional. (Rf)

About Humas Polda NTT

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polda NTT

Check Also

Pemotongan Tumpeng menandai Syukuran HUT Korps Brimob Polri

Tribratanewsntt.com – Satuan Brimob Polda NTT menggelar acara Syukuran usai menggelar Upacara HUT Korps Brimob …