Home / Headline / Amankan Hari Raya Natal dan Perairan NTT, Polairud Polda NTT Siapkan Robot dan Scutter Modern

Amankan Hari Raya Natal dan Perairan NTT, Polairud Polda NTT Siapkan Robot dan Scutter Modern

Tribratanewsntt.com – Direktorat Kepolisian perairan dan udara (Polairud) Polda Nusa tenggara Timur (NTT) menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana guna mendukung pelaksanaan operasi Lilin Turangga 2019 dalam rangka pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 serta mengamankan perairan dan laut NTT.

Terbaru, Polairud sudah memiliki robot dan scutter modern dengan peralatan canggih yang membantu tugas Dit Polair Polda NTT.

Sarana dan prasarana tersebut disiapkan untuk mengamankan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 serta mengantisipasi kecelakaan laut.

Diakui kalau dalam bulan Desember, wilayah perairan NTT rawan musibah dan kecelakaan laut sehingga perlu langkah antisipasi. Tahun 2018 lalu terjadi kecelakaan laut dan kapal tenggelam di perairan laut wilayah NTT.

Direktorat Polairud Polda NTT sudah memiliki 28 unit kapal yang tersebar di beberapa Polres jajaran dan Polairud Polda NTT untuk mendukung operasi lilin Turangga tahun 2019.

Sebagai pendukung, Dit Polairud Polda NTT juga memiliki robot laut yang membantu proses pencarian korban kecelakaan di laut.

“Robot bisa mencari sampai kedalaman 300 meter ke dalam laut sehingga bisa membantu mencari korban celaka hingga ke dasar laut. Misalnya ada kecelakaan pesawat terbang di laut maka Robot bisa diberdayakan dan tidak perlu tenaga manusia untuk menyelam,” ujar Direktur Polairud Polda NTT, Kombes Pol Dwi Suseno dikantornya, Kamis (12/12/2019) disela-sela gelar Alat keamanan khusus (Almatsus) Dit Polairud Polda NTT untuk mendukung operasi lilin Turangga Tahun 2019/2020 dan bantuan SAR perairan.

Robot sendiri dilengkapi kamera canggih yang bisa memotret keadaan dibawah laut di kedalaman 300 meter. Ada pula peralatan scutter air buat penyelaman.

“Robot dan scutter merupakan alat baru yang merupakan peralatan canggih dan modern yang dimiliki Dit Polairud Polda NTT,” tandasnya.

Ada pula puluhan kapal cepat berbagai jenis yang dipakai untuk patroli laut dan antisipasi kasus kecelakaan laut. Direktur Polairud Polda NTT berharap agar kedepan tidak terjadi sesuatu dengan cuaca extrim saat ini.

“Jika terjadi sesuatu di laut maka personil Dit Polairud Polda NTT secara sigap dan cepat tiba di lokasi bencana,” ujarnya.

Seluruh peralatan tersebut dirawat secara baik dan dimanfaatkan secara baik. Ia memastikan seluruh peralatan tersebut dalam keadaan siap dan difungsikan jika dibutuhkan dan diperlukan. (**Rf)

About Humas Polda NTT

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polda NTT

Check Also

Dukung Maklumat Kapolri, Para Tokoh Agama NTT Imbau Warga Untuk Beraktifitas Dirumah

Tribratanewsntt.com – Mendukung Maklumat Kapolri Jenderal Pol. Drs. Idham Azis, M.Si., para Tokoh Agama yang …