Home / Headline / PENGAMANAN POLRES SUMBA BARAT | Ribuan Wisatawan & Penikmat ‘Pesta Budaya Pasola’ Banjiri Lapangan Hobakala

PENGAMANAN POLRES SUMBA BARAT | Ribuan Wisatawan & Penikmat ‘Pesta Budaya Pasola’ Banjiri Lapangan Hobakala

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Tiba saatnya ‘Pesta Budaya Pasola Lamboya 2020’ digelar di Lapangan Hobakala, Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Kamis (20/02/2020). Segala persiapan telah dilakukan sambut gelaran tradisi Khas Sumba ini, termasuk giat pengamanan oleh jajaran Polres Sumba Barat.

Ditandai dengan masuknya 2 (dua) ekor Kuda Pamali ke Lapangan Hobakala usai ritual adat Liomadongara di Pantai Karewee, gelaran Pesta Budaya Pasola Lamboya 2020 resmi dibuka dan dilaksanakan. Tampak ribuan penonton dan undangan membanjiri area serta tribun Lapangan Hobakala guna menyaksikan secara langsung pertunjukan Khas Sumba ‘Pasola’.

Baca Juga : Mencuri Perhatian Wisatawan | Gelaran Ritual Adat ‘Liomadongara’ Jelang ‘Pesta Budaya Pasola Lamboya 2020

Dipimpin oleh Kabag Ops Polres Sumba Barat AKP Anthonius Mengga, Apel Persiapan Pengamanan Pesta Budaya Pasola juga telah dilaksanakan dan diikuti oleh para Perwira dan Kapolsek serta Personel Gabungan Polres Sumba Barat dan Polsek sebagaimana yang tertuang dalam Surat Perintah Kapolres Sumba Barat.

Sebanyak 250 personel diturunkan dan dibagi menjadi beberapa tim serta diletakkan pada titik-titik guna tetap menjaga kestabilan situasi kamtibmas selama gelaran Pasola berlangsung. Larangan membawa senjata tajam dan minuman keras disampaikan oleh Kabag Ops kepada seluruh personel, guna selanjutnya dilakukan pengecekan kepada penonton yang akan memasuki Lapangan Hobakala.

Pasola diikuti oleh kurang lebih 300 pemain atau penunggang kuda yang berasal dari 13 Kecamatan dan dibagi menjadi 2 kelompok, yakni Kelompok Atas dan Kelompok Bawah. Hadir pada giat adat pagi ini yakni, Bupati Sumba Barat, Kapolres Sumba Barat AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K., M.Si., Waka Polres Sumba Barat Kompol Yulius Ola, Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat, Ibu Waka Polda Nusa Tenggara Timur Ny Vera Kristina Sirait, para Pimpinan OPD Kabupaten Sumba Barat, Camat Lamboya, Camat Wanukaka, Camat Laboya Barat, Danramil 1613-02 Walakaka, Kapolsek Lamboya, para Kepala Desa se Kecamatan Lamboya, Wanukaka dan Laboya Barat serta masyarakat dan para wisatawan yang berjumlah kurang lebih 10.000 (sepuluh ribu) orang.

Dipimpin langsung oleh Kapolres Sumba Barat AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K., M.Si., selama berlangsungnya Pesta Budaya Pasola Lamboya 2020, pengamanan oleh Tim Polres Sumba Barat juga dibantu oleh Kodim 1613 , Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, para Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda yang berjumlah kurang lebih 400 orang.

About Humas Polda NTT

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polda NTT

Check Also

Dukung Maklumat Kapolri, Para Tokoh Agama NTT Imbau Warga Untuk Beraktifitas Dirumah

Tribratanewsntt.com – Mendukung Maklumat Kapolri Jenderal Pol. Drs. Idham Azis, M.Si., para Tokoh Agama yang …