Home / Home / Detik Pelantikan Presiden dan Walpres RI, Polres Belu dan TNI Laksanakan Siaga Satu

Detik Pelantikan Presiden dan Walpres RI, Polres Belu dan TNI Laksanakan Siaga Satu

Tribratanewsntt.com – Dalam rangka mendukung pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2019-2024, Kepolisian Resor Belu dan jajaran TNI memberlakukan siaga 1 yang ditandai dengan pelaksanaan apel Siaga, jumat (18/10/19).

Apel kesiapsiagaan pukul 09.00 WITA, dipimpin langsung Kapolres Belu AKBP Christian Tobing, S.I.K., M.H., M.Si dengan Komandan Upacara, Kabag Ops, AKP Jance Seran, SH dan Perwira Upacara, Kabag Ren, AKP I Nengah Sutawinaya, SH.

Membacakan amanat Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Hamidin, Kapolres Belu dalam sambutannya menyampaikan, apel gabungan ini merupakan apel Kesiap-siagaan TNI Polri di wilayah NTT dalam rangka mendukung pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2019-2024.

“Berbagai potensi kerawanan pada saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden harus dapat dikelola dan dapat ditangani secara profesional dan akuntabel. Tentu upaya ini tidak akan berhasil apabila tidak didukung oleh semua pihak terkait”, ujar Kapolres Belu.

“Kesempatan ini pula, saya juga mengingatkan kepada seluruh jajaran untuk mi̇nimalisir segala tindakan kontra produktif yang justru dapat mencederai nilai-nilai demokrasi dan menurunkan citra aparat keamanan dimata masyarakat”, tegasnya.

Masih dalam amanat Kapolda NTT, Kapolres Belu menuturkan, situasi dan kondisi politik saat ini sangat menuntut kesiapan dan kehadiran Polri untuk bersinergi dengan TNI dan instansi lainnya dalam menjaga serta menjamin keamanan di wilayah Republik Indonesia khususnya daerah Nusa Tenggara Timur.

“Apel pengamanan ini juga dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel termasuk kesiapan perlengkapan perorangan peralatan lain yang dimiliki dalam menunjang tugas Polri” lanjutnya.

“Dan lebih tak kalah penting, perkuat soliditas dan sinergitas TNI-Polri serta seluruh stakeholder guna mewujudkan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang aman, lancar dan damai”, pungkasnya.

Apel kesiap siagaan ini dihadiri Danyon Raider Khusus 744/SYB, Perwira mewakili Kodim 1605/Belu, Perwira mewakili Satgas Yonif Raider 142/KJ, para Kabag, Kasat, Wadanki Brimob Subden 2 Pelopor Atambua dan Perwira staf Polres Belu.

Sementara peserta apel terdiri dari barisan Kodim Belu, Yonif Raidersus 744/SYB, Subden POM Atambua, Brimob Subden 2 Pelopor Atambua serta barisan Polres dari sejumlah satuan fungsi.

Kepada awak media yang hadir, Kapolres Belu mengatakan, jajaran kepolisian dan TNI tetap melakukan pengamanan di wilayah tugas wilayah daerah Belu dan Malaka untuk mendukung keamanan tingkat nasional bertepatan dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI yang dilaksanakan pada tanggal 20 oktober 2019.

“Untuk kamtibmas di wilayah Belu dan Malaka sejauh ini kondusif, dan kita tetap menjaga situasi keamanan di dua daerah aman. Pada intinya pasukan tetap standby termasuk sarana prasarana, Kita sudah siap bila sewaktu-waktu dibutuhkan” kata Kapolres Belu.

“Selain kesiapan personil dan sarana prasarana, penekanan-penekanan yang menjadi perhatian Kami saat ini yakni pengamanan dan pengawasan di pintu batas negara Indonesia dan Timor Leste serta isu-isu yang terjadi di media sosial. Kita doakan situasi akan terus kondusif hingga selesai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI nanti”tutup Kapolres.

About Humas Polda NTT

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polda NTT

Check Also

Ditreskrimum Polda NTT Ungkap Kasus Dugaan Pembunuhan Alselmus Wora

Tribratanewsntt.com,- Ditreskrimum Polda NTT ungkap kasus dugaan pembunuhan terhadap saudara Anselmus Wora di Dusun Ekoreko, …