Curah Hujan Tinggi di Kota Kupang, Kapolda NTT Kerahkan Anggota Bantu Masyarakat di Daerah Berpotensi Banjir

Curah Hujan Tinggi di Kota Kupang, Kapolda NTT Kerahkan Anggota Bantu Masyarakat di Daerah Berpotensi Banjir
Anggota Brimob Polda NTT membantu warga melintasi banjir yang terjadi di Jalan Cak Doko, tepatnya di depan Gua Lordes, Oebobo, Kota Kupang

Tribratanewsntt.com - Intensitas curah hujan yang cukup tinggi di wilayah NTT khususnya Kota Kupang, membawa dampak yang signifikan bagi masyarakat.

Hujan deras mengguyur Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur dan sekitarnya sejak pagi hingga siang hari. Hujan dengan intensitas deras hingga lebat itu terjadi pada Rabu (23/2/2022). Sejumlah ruas jalan dan pemukiman warga dilaporkan terendam banjir.

Guna memastikan warga aman, Personel Polda NTT diterjunkan di beberapa titik lokasi terjadinya banjir untuk membantu kelancaran lalu lintas dan keamanan masyarakat.

Banjir terjadi akibat luapan kali tepatnya di Samping RSB Titus Uly Kupang jalan pun sulit dilewati, warga yang hendak melintas pun harus dibantu oleh Anggota Ditsamapta dan Biddokkes Polda NTTBanjir terjadi akibat luapan kali tepatnya di Samping RSB Titus Uly Kupang, jalan pun sulit dilewati. Warga yang hendak melintas pun harus dibantu oleh Anggota Ditsamapta dan Biddokkes Polda NTT.

Adapun personel Polda NTT yang diterjunkan yakni, Brimob Polda NTT, Unit Pammat Ditsamapta Polda NTT dan Ditlantas Polda NTT serta Biddokkes Polda NTT.

Sementara lokasi yang terdampak banjir yakni, di jalan Gua Lordes dan sekitarnya, kemudian jalan Nangka tepatnya di RSB Titus Uly Kupang.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H melalui Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H menjelaskan bahwa, masih banyaknya genangan air di lokasi-lokasi tersebut bisa mengakibatkan kecelakaan jika para pengemudi kendaraan tidak berhati-hati.

"Kami tugaskan personel di jalan-jalan yang masih tergenang air untuk memastikan keamanan masyarakat.  kami juga harapkan masyarakat lebih berhati-hati, jika genangan air terlihat tinggi lebih baik pengendara mencari jalan alternatif lain." imbau Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H

Ia menjelaskan, tingginya intensitas hujan mengakibatkan sebagian wilayah terdapat genangan air, terutama di jalan raya. Kondisi ini terjadi di sejumlah lokasi di Kota Kupang.

"Kita sudah menempatkan personel yang ada, terutama di titik yang masih ada genangan air agar kemacetan yang terjadi bisa berkurang," kata dia.

Ia menambahkan, wilayah yang menjadi prioritas adalah wilayah yang masih tergenang, seperti di Jalan Gua Lordes, Jalan Cak Doko, jalan Nangka tepatnya di RSB Titus Uly Kupang.

Selain menempatkan petugas di wilayah yang terjadi kemacetan, kata Kabidhumas Polda NTT, Polda NTT juga menyiapkan patroli dengan kendaraan roda dua dan roda empat untuk ditugaskan dalam situasi darurat.