Peace and Harmony-Jogja Asyik, Jogja Bermusik, Untuk Indonesia Apik" Meriahkan Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Peace and Harmony-Jogja Asyik, Jogja Bermusik, Untuk Indonesia Apik

Gelaran "Peace and Harmony-Jogja Asyik, Jogja Bermusik, Untuk Indonesia Apik" di Titik Nol Kilometer Yogyakarta sukses menyemarakkan malam Jumat, 19 Januari 2024. Rangkaian acara yang dihadiri oleh warga Yogyakarta dan turis, baik lokal maupun mancanegara, berlangsung dengan meriah dan penuh keceriaan.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., memulai kegiatan dengan memukul alat musik Bende, didampingi oleh Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H. Kegiatan ini merupakan inisiatif dari 16 komunitas di Yogyakarta, menampilkan seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi.

Tarian pembuka Beksan Ajisaka, karya Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyambut kedatangan Kapolri dan tamu undangan. Gubernur DIY menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah untuk mendorong Pemilu yang damai dan harmonis.

“Bersyukur di Jogja dan di Indonesia tahapan Pemilu berjalan lebih tertib minim konvoi yang rentan dengan segala gesekan sosial," ucapnya.

Sri Sultan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menyuarakan kata Damai dalam pemilihan serentak. "Bagaimanapun pemilihan serentak bukan sekedar olah politik, Pemilu adalah juga olah budaya untuk meningkatkan mutu budaya demokrasi,” tambah Gubernur DIY.

Acara dilanjutkan dengan penampilan para seniman dan artis Yogyakarta, disambut meriah oleh masyarakat. Keberagaman seni dan budaya menjadi bagian dari momentum ini, menciptakan suasana kegembiraan dan semangat persatuan menjelang pesta demokrasi di tanah Yogyakarta.