Beri Arahan Kepada Jajaran Ditsamapta, Kapolda NTT : Sebagai Anggota Polri harus Disiplin, Profesional, Loyal dan Inovatif

Beri Arahan Kepada Jajaran Ditsamapta, Kapolda NTT : Sebagai Anggota Polri harus Disiplin, Profesional, Loyal dan Inovatif

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum memberikan arahan kepada anggota Direktorat Samapta Polda NTT.

Kegiatan yang dilaksanakan di Tribun lapangan Apel Mapolda NTT, Selasa (22/11/2022) ini dihadiri juga sejumlah pejabat utama Polda NTT diantaranya, Karo SDM, Dirsamapta, Dirintelkam, Dirreskrimum, Kabidpropam dan Kabiddokkes.

Arahan Kapolda kepada anggota Samapta jajaran Polda NTT bertujuan untuk memberikan edukasi sekaligus penekanan dan bimbingan terkait tugas pokok Samapta sebagai garda terdepan Polri yang bersifat preventif.

Kapolda NTT dalam arahannya menyampaikan bahwa, Samapta Polri juga merupakan unit pelayanan publik dan mempunyai peran yang sangat besar dalam mendukung tugas-tugas kepolisian dalam menciptakan Kamtibmas.

"Peran Samapta itu sangat besar. Preventif merupakan ujung tombak dari tugas Samapta bersama Lalu Lintas dan ada juga di situ Brimob", terang Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum.

Selain Represif (Penegakan Hukum), menurut Kapolda bahwa yang paling penting adalah Preemtif dan Preventif. 

"Kalau Preemtif dan Preventif itu kuat, maka potensi terjadinya pelanggaran hukum itu rendah", tuturnya.

Dikatakannya, imbauan melalui Binmas, penggalangan melalui Intelijen di tambah lagi dengan tugas preventif dari Samapta maka, pelanggaran-pelanggaran itu akan minimal. Tugas Polisi akan lebih ringan, karena semua masyarakat dilibatkan.

Kapolda NTT pun menekankan kepada jajaran Samapta Polda NTT untuk mengiatkan tugas Turjawali (Pengaturan, Penjagaan dan Patroli), karena dengan kehadiran Polri di tengah masyarakat, maka niat untuk melakukan kejahatan itu menjadi hilang.

"Jadi dengan kehadiran Polisi, niat, peluang seseoarang hilang untuk melakukan kejahatan" jelas oreng nomor satu di jajaran Polda NTT ini.

"Jadi Samapta ini merupakan fungsi yang sangat-sangat penting di dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, di dalam meniadakan bertemu niat dan kesempatan, di dalam menunjukan kehadiran negara di tengah masyarakat terutama ketika masyarakat membutuhkan", lanjutnya.

Kepada jajaran Samapta Polda NTT, Kapolda NTT berharap agar memiliki kecintaan terhadap tugas yang diemban. Kemudian harus memiliki kemampuan observasi (mengamati situasi), kemampuan berinteraksi dengan masyarakat. Hal ini penting sebagai modal pengalaman dan kematangan bagi anggota untuk selanjutnya bisa bertugas di lapangan.

Ia juga menakanankan agar melaksanakan tugas dengan baik, dan menyadari bahwa sebagai seorang anggota Polri merupakan pelayan masyarakat dan mempunyai kebanggaan dalam diri sebagai anggota Polri.

"Sebagai anggota Polri juga harus tanamkan sikap disiplin, harus profesional, loyalitas dan inovatif. Keempat hal ini harus dipegang dan dipedomani", 

Kapolda juga mengingatkan untuk selalu mengedepankan sikap humanis dan hindari sikap arogan.

"Terakhir saya sampaikan untuk jaga citra Polri dan yang penting hindari gaya hidup mewah (Hedonis)", pungkas Kapolda NTT.