Empat Satker Polda NTT Jalani TKJ dan Ujian Beladiri Polri Semester I Tahun 2022

Empat Satker Polda NTT Jalani TKJ dan Ujian Beladiri Polri Semester I Tahun 2022
Anggota dan ASN Polri Polda NTT melakukan lari 12 menit dalam Tes Kesempatan Jasmani (TKJ) semester I tahun 2022 di Lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT

Tribratanewsntt.com - Untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani, Biro SDM Polda NTT melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) dan Ujian Beladiri Polri Berkala bertempat di Lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT.

Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala Semester I Tahun Angggaran 2022 ini diikuti oleh seluruh personel Polda NTT yang dilaksanakan sejak tanggal 7 Maret sampai dengan 14 Maret 2022 mulai dari anggota dan ASN Polri Polda NTT.

Untuk jadwal hari ini, Rabu (9/3/2022) pagi, ada empat Satker Polda NTT diantaranya Ditsamapta, Ditpamobvit, Ditlantas dan Ditbinmas dipimpin oleh Ps. Kasubbagrohjashor Bagwatpers Biro SDM AKP I Dewa Gede wiadnyana bersama tim dari Biro SDM Polda NTT.

Sebelum mengikuti kegiatan tersebut, seluruh peserta kesamaptaan jasmani ini wajib melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu oleh personel Biddokkes Polda NTT.

Adapun tahap-tahapan tes Kesamaptaan Jasmani ini terdiri dari lari 12 menit, push up, sit up, pull up, dan shuttle run (lari Angka 8) serta Beladiri Polri.

Usai TKJ, anggota dan ASN Polri ikut Ujian Beladiri Polri di Lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT

Hal ini tentunya untuk mengetahui sejauh mana kemampuan fisik setiap anggota dan ASN Polri untuk menjadi tolak ukur kekuatannya setiap enam bulan sekali.

Saat dikonfirmasi, Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa kegiatan itu sebagai salah satu faktor pendukung pengembangan karier personel Polri antara lain persyaratan untuk mengikuti Sespimen, Sespima, Sekolah Inspektur Polisi (SIP), Sekolah Alih Golongan (SAG) dan salah satu syarat dalam pengusulan kenaikan pangkat.

Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan fisik personel Polri untuk selalu siap dalam melaksanakan tugas kedepannya.

"Samjas yang sudah merupakan kalender tetap persemester tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kondisi fisik dan kebugaran seorang anggota Polri, juga merupakan tolak ukur pimpinan dalam melakukan penilaian untuk rekomendasi seorang anggota dalam mengikuti pendidikan lanjutan", jelas Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H.

Dikatakannya, beberapa item TKJ tersebut akan dinilai langsung oleh tim panitia penilaian dalam setiap cabang yang diikuti oleh peserta samjas.

"Dengan jasmani yang sehat, maka seluruh Personel Polda NTT akan mampu melayani masyarakat sebagaimana tugas pokok Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat", pungkasnya.