Gelar Patroli Gabungan, Anggota Polsek Tasifeto Timur dan Satgas Pamtas Yon 743/PSY Pos Salore, Cek Patok Batas RI-RDTL

Gelar Patroli Gabungan, Anggota Polsek Tasifeto Timur dan Satgas Pamtas Yon 743/PSY Pos Salore, Cek Patok Batas RI-RDTL

Tribratanewsntt.com,- Pengecekan secara rutin patok batas dengan negara lain, sangatlah penting guna mencegah patok tersebut rusak/hilang akibat tangan-tangan tidak bertanggung jawab.

Bilamana patok tersebut hilang, maka situasi keamanan masing-masing negara bisa terancam, karena masing-masing negara akan mempersoalkan batas tanah.

Hal ini disadari betul oleh anggota Polsek Tasifeto Timur dan Satgas Pamtas Yon 743/PSY Pos Salore,yang pada jumat (2/2/18), melaksanakan patroli gabungan yang dipimpin oleh Danpos Satgas Pamtas RI- RDTL Letnan Satu Inf. Harsono.

Selain mengecek patok batas, Kegiatan patroli gabungan ini bertujuan mencegah adanya penyelundupan dari dan menuju Timor Leste.

Sebelum turun ke lapangan, regu patroli melaksanakan apel gabungan pukul 10.00 wita, yang dihadiri Dansatgas Pamtas RI- RDTL Yonif 743/PSY Mayor inf. I Putu Tangkas Wiratawan, Danramil 1605- 07 Wedomu Kapten Inf.Alexander Bessie, Kapolsek Tasifeto Timur IPTU Samsul Arifin, SH dan Kepala Desa Tulakadi Cristian Laby Susuk.

Dengan bersenjata lengkap, aparat penjaga wilayah perbatasan dari pukul 09.30 wita hingga pukul 11.00 wita , menyusuri wilayah dusun Salore dan mendapati 10 pilar batas dalam keadaan aman.

“Semuanya (pilar) dalam keadaan baik. Kita berharap jangan sampai patok yang ada hilang lagi karena menurut informasi bahwa ada 26 patok yang dipinggiran sungai sudah hilang dan kemungkinan besar terbawa arus sungai”kata Kapolsek Tasifeto Timur.

Dalam patroli jalan kaki ini juga, tidak ditemukan adanya masyarakat yang mencoba melakukan penyelundupan ke negara tetangga.

Terkait dengan patroli gabungan yang sudah dilaksanakan, Kapolsek Tasifeto Timur berharap kegiatan semacam ini akan terus ditingkatkan kedepannya, sebagai wahana mempererat Sinergitas TNI – POLRI dalam menjaga keutuhan NKRI.