Hari Terakhir, Lima Satker Polda NTT Asah Kemampuan Fisik Dengan Ikut TKJ Semester II Tahun 2022

Hari Terakhir, Lima Satker Polda NTT Asah Kemampuan Fisik Dengan Ikut TKJ Semester II Tahun 2022

Tribratanewsntt.com - Untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani, Biro SDM Polda NTT melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) dan Ujian Beladiri Polri Berkala bertempat di Lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT.

Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala Semester II Tahun Angggaran 2022 ini diikuti oleh seluruh personel mulai dari anggota dan ASN Polri Polda NTT yang dilaksanakan sejak dari tanggal 20 September sampai dengan 29 September 2022 mulai dari anggota dan ASN Polri Polda NTT.

Untuk jadwal terakhir hari ini, Kamis (29/9/2022) pagi, ada Lima Satker Polda NTT diantaranya Biddokkes, RSB Bhayangkara Titus Uly Kupang, Biddokkes, Yanma, Bidhumas dan SPKT serta bagi para personel yang belum melaksanakan TKJ pada hari sebelumnya yang sudah dijadwalkan sesuai satker masing-masing.

Sebelum mengikuti kegiatan tersebut, seluruh peserta kesamaptaan jasmani ini wajib melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu oleh personel Biddokkes Polda NTT.

Adapun tahap-tahapan tes Kesamaptaan Jasmani ini terdiri dari lari 12 menit, push up, sit up, pull up, dan shuttle run (lari Angka 8) serta Beladiri Polri.

Hal ini tentunya untuk mengetahui sejauh mana kemampuan fisik setiap anggota dan ASN Polri untuk menjadi tolak ukur kekuatannya setiap enam bulan sekali.

Dalam tes Lari 12 menit diawali pemanasan yang dipimpin oleh Ps. Kasubbagrohjashor Bagwatpers Biro SDM AKP I Dewa Gede Wiadnyana bersama tim dari Biro SDM Polda NTT.

Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Ari Wahyu Widodo, S.I.K., melalui Ps. Kasubbagrohjashor Bagwatpers Biro SDM AKP I Dewa Gede Wiadnyana mengatakan bahwa kegiatan TKJ hari ini memasuki hari terakhir untuk semester I tahun 2022, yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 20 September hingga 29 September 2022, dan pada hari ini merupakan hari terakhir pelaksanaannya. Kegiatan TKJ dilaksanakan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan anggota, terutama dalam masa pandemi covid-19 ini.

“Kegiatan TKJ ini rutin dilaksanakan dua kali dalam setahun, selain untuk menjaga kesehatan anggota, hal ini juga bisa dijadikan bahan evaluasi kemampuan fisik dan kesehatan anggota, sehingga siap memberi pelayanan prima kepada masyarakat” kata AKP I Dewa Gede Wiadnyana

Dikatakannya, dalam pelaksanaan kegiatan TKJ ini anggota tetap menerapkan Protokol Kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona dengan tetap menggunakan masker dan tetap menjaga jarak.

Ia menambahkan, untuk anggota yang berumur lebih dari lima puluh tahun keatas hanya melaksanakan treatmill (jalan kaki) mengelilingi lapangan selama 12 menit.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa, beberapa item TKJ tersebut akan dinilai langsung oleh tim panitia penilaian dalam setiap cabang yang diikuti oleh peserta samjas

"Kegiatan ini juga sebagai salah satu faktor pendukung pengembangan karier personel Polri antara lain persyaratan untuk mengikuti Sespimen, Sespima, Sekolah Inspektur Polisi (SIP), Sekolah Alih Golongan (SAG) dan salah satu syarat dalam pengusulan kenaikan pangkat", jelasnya.

"Dengan jasmani yang kuat dan sehat, maka seluruh Personel Polda NTT akan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.”tandasnya.