Ingin Tahu Lebih Tentang Stuasi Keamanan Perbatasan RI-RDTL, Divhubinter Polri dan BNPP RI Gelar Tatap Muka Bersama Anggota Polres Belu

Ingin Tahu Lebih Tentang Stuasi Keamanan Perbatasan RI-RDTL, Divhubinter Polri dan BNPP RI Gelar Tatap Muka Bersama Anggota Polres Belu

Tribatanewsntt.com - Tim Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Perbatasan (BNPP), kamis (18/10/18), melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (monev) di kabupaten Belu, Wilayah Perbatasan RI - RDTL.

Kedatangan tim di Belu yang dipimpin Anjak Madya Divhubinter Polri, KOMBES POL. Drs. R. Adang Ginanjar, S. M.M, diawali dengan melaksanakan tatap muka bersama anggota Polres Belu, kamis pagi pukul 09.15 wita.

Acara tatap muka di aula Wira Satya lantai 2 Polres, di buka dengan sekapur sirih dari Kapolres Belu AKBP Christian Tobing, S.I.K., M.Si yang berisi ucapan selamat datang kepada ketua tim dan rombongan, dilanjutkan dengan paparan singkat tentang kondisi wilayah kamtibmas di wilayah hukum Polres Belu yang membawahi 2 kabupaten yakni Belu dan Malaka.

Kapolres Belu mengungkapkan bahwa stiuasi perbatasan hingga saat ini dalam kondisi kondusif. Hal ini tidak terlepas dari sinergitas Polres Belu bersama istansi terkait yang terjalin cukup baik, khususnya dalam pelaksanaan tugas menjaga keamanan wilayah perbatasan RI-RDTL.

“Kerja sama dan kekompakan Kita bersama TNI serta stake holder perbatasan selama ini terjalin cukup baik. Upaya-upaya yang sudah Kita lakukan dalam memperketat pengawasan dan pengamanan, cukup mampu meredam aktivitas ilegal di tapal batas,”kata Kapolres Belu.

“Kerja sama yang begitu nyata juga ditunjukan oleh 3 pilar kamtibmas Kita yakni Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Lurah/Kepala Desa, serta rekan-rekan penjaga tapa batas dari Timor Leste, yang sudah berjalan efektif dan bersinergi dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat”lanjut Kapolres Belu.

Menanggapi apa yang disampaikan Kapolres Belu, KOMBES POL. Drs. R. Adang Ginanjar, S. M.M mengapresiasi segala kegiatan Polres Belu mengenai perkembangan keamanan wilayah perbatasan dan pelaporan di wilayah perbatasan.

"Saya kira upaya yang sudah dilakukan Kapolres beserta jajaran sudah cukup baik. Kalaupun terjadi kejahatan lintas Batas Ilegal, Kita sebagai ujung tombak keamanan, harus selalu berkoordinasi dengan Instansi terkait agar cepat bertindak, sehingga masalah tersebut segera diselesaikan dan tidak berkembang luas"kata Ketua Tim.

"Selain itu, Kita juga harus selalu berkordinasi secara dengan pihak keamanan sebelah dan juga Atase Polri di Dili Timor Leste, agar selalu memperoleh informasi terkini seputar aktivitas masyarakat di tapal batas"lanjut Ketua Tim.

Acara tatap muka ini dihadiri Waka Polres Belu KOMPOL I Ketut Perten, para Kabag, Kasat , Perwira Staf serta Kapolsek dan Kapolsubsektor perbatasan.

Usai tatap muka, Tim Divhubter Polri dan BNPP RI yang didampingi Kapolres Belu, langsung bertolak menuju pos lintas batas negara (PLBN) Motaain, desa Silawan, kecamatan Tasifeto Timur, kabupaten Belu.

Dalam kunjungannya di Belu, KOMBES POL. Drs. R. Adang Ginanjar, S. M.M didampingi Kasubbag Perbatasan Baglotas Set NCB Interpol Indonesia AKBP Dra.Muji Diah Setyani, penterjemah madya Divhubinter Polri Feroz Fazily serta Sri dan Putri dari Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).