Jaga Batas Negara, Polsubsektor Lakmaras Polres Belu bersama TNI dan UPF Timor Leste Gelar Patroli

Jaga Batas Negara, Polsubsektor Lakmaras Polres Belu bersama TNI dan UPF Timor Leste Gelar Patroli

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka penanggulangan dan penindakan terhadap pelaku kejahatan lintas batas antar negara, Polsubsektor Lakmaras Sektor Lamaknen Resor Belu mengelar patroli gabungan bersama Satgas Pamtas RI RDTL Yonif Raider Khusus 744/SYB Pos Henes, Rabu (3/5/2023).

Bergerak dari siang pukul 10.00 WITA hingga pukul 14.00 WITA, aparat Polri-TNI dengan bersenjata lengkap dan membawa bendera merah putih, menggelar patroli jalan kaki dengan menyusuri sepanjang area patok pembatas di lembah dusun Holguju, desa Henes, Kecamatan Lamaknen Selatan, kabupaten Belu

Meski harus melewati lereng bukit untuk mencapai garis batas, anggota Polri-TNI  yang dalam patroli menggandeng personel Unidade Patrolhamento de Frointeras (UPF) TImor Leste ini, tetap semangat melaksanakan patroli di wilayah yang berbatasan langsung dengan Subdistrik Lolotoe, Distrik Bobonaro- Timor Leste.

Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K., mengatakan, kegiatan (patroli) ini tidak hanya mencegah kejahatan lintas batas (linbas) ilegal, namun juga untuk menjaga sinergitas dan kekompakkan diantara TNI-Polri yang bertugas di tapal batas.

“Dari laporan yang Saya terima, hingga detik ini patok perbatasan dalam keadaan baik. Sementara aktivitas penyelundupan atau pelintas batas ilegal tidak ditemukan dalam patroli kali ini"ungkap Kapolres Belu.

"Meskipun kondusif, Patroli seperti ini akan Kita gelar terus sebagai komitmen bersama dalam menjaga kedaulatan wilayah perbatasan masing-masing negara. Dan selain untuk menjamin bahwa wilayah perbatasan ini jauh dari kejahatan linbas, tapi juga kekompakkan Kami dengan TNI dan UPF Timor Leste akan semakin kuat dan selalu terjaga dalam setiap kesempatan”pungkas Kapolres Belu.