Jalin Silaturahmi dengan Tokoh Agama, Kapolda NTT Menerima Kunjungan dari Ketua Beserta Pengurus PHDI NTT

Jalin Silaturahmi dengan Tokoh Agama, Kapolda NTT Menerima Kunjungan dari Ketua Beserta Pengurus PHDI NTT
Jalin Silaturahmi dengan Tokoh Agama, Kapolda NTT Menerima Kunjungan dari Ketua Beserta Pengurus PHDI NTT

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Hamidin menerima kunjungan silaturahmi dari Ketua Parisada Hindu Dharma (PHDI) NTT Ida RSI Agung Wijaya Kusuma Manuaba beserta pengurus di Mapolda NTT, Rabu (5/8/2020).

Kehadiran Ketua beserta pengurus PHDI NTT di Mapolda NTT ini dalam rangka memenuhi undangan dari Kapolda NTT sebagai upaya untuk mempererat tali silaturahmi dengan para tokoh Agama guna bersama-sama menciptakan Kamtibmas jelang Pilkada Serentak 2020 di 9 kabupaten serta upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah NTT.

Kapolda yang dalam kesempatan itu turut didampingi oleh Irwasda Polda NTT Kombes Pol Drs. Tavip Yulianto, S.H., M.H., M.Si menyatakan, harapan dari silaturahmi ini sebagai upaya untuk terus memperkuat toleransi antar umat beragama di NTT demi terciptanya kondisi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

"Saya ucapkan terima kasih atas kunjunagn dari para tokoh Agama di provinsi NTT, utamanya membangun hubungan kekerabatan khususnya di Provinsi NTT sangat baik, tidak ada sekat antara sesama umat beragama, keberagaman suku, agama justru membuat kita bersatu dalam Bingkai NKRI yang berbhineka", ucap Irjen Pol Drs. Hamidin.

Dikatakannya, dikotomi agama, RAS di indonesia sesungguhnya adalah ciptaan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan bahayanya adalah Issu Agama dibawa ke rana Politik, maka rusaklan seluruh tatanan kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

"Peran Tokoh Agama dalam menghimbau umat yang ada di NTT dapat bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas agar tetap terjaga termasuk upaya Polri dalam memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 yang sementara memwabah diseluruh belahan Dunia", imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PHDI NTT Ida RSI Agung Wijaya Kusuma Manuaba menyampaikan bahwa, PHDI NTT selalu mendukung Polda NTT dalam upayanya menciptakan Kamtibmas di seluruh wilayah NTT.

Dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang aman, pihaknya pada setiap kesempatan selalu melakukan imbauan-imbauan kepada umat Hindu di NTT khususnya di Kota Kupang untuk tetap menjaga kondisi kamtibmas agar tetap kondusif.

"Terutama di masa pandemi Covid-19 ini, untuk menerapkan Protokol Kesehatan dimana pelaksanaan ibadah di rumah sehingga dapat menekan penyebaran Covid-19 di NTT, khususnya di Kota Kupang", terang Ida RSI Agung Wijaya Kusuma Manuaba.

"Sedangkan terkait Pilkada serentak tahun 2020, Kamis selaku Tokoh agama selalu mengajak umat untuk menjaga situasi kamtibmas terutama dalam memggunakan hak pilih sesuai hati nurani pada saat pencoblosan nantinya", tambahnya.

Pada kesempatan itu, Ketua PHDI NTT juga meminta dukungan kepada Kapolda NTT untuk dapat menempatkan anggota Polri yang bertugas menjadi pendeta di polres-polres, guna melayani pembinaan mental bagi Angota Polri yang beragama Hindu.

"Untuk sementara kita memiliki sebanyak 31 pura (rumah ibadah Umat Hindu) yang tersebar di Provinsi NTT, sedangkan untuk Kabupaten baru kita belum Pura", pungkasnya.

Pertemuan ini diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Kapolda NTT kepada Ketua PHDI NTT berupa Buku karangan Irjen Pol Drs. Hamidin yang berjudul Wajah Baru Terorisme.