Jamin Kelancaran Perayaan Idul Fitri 1440 H, Polres Belu Siapkan Pos Pam dan Pos Pelayanan untuk Masyarakat

Jamin Kelancaran Perayaan Idul Fitri 1440 H, Polres Belu Siapkan Pos Pam dan Pos Pelayanan untuk Masyarakat

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka menciptakan situasi kondusif selama perayaan Idul Fitri 1440 H di Kabupaten Belu dan Malaka, Kepolisian Resor Belu dalam operasi Ketupat Turangga 2019 ini, telah menyiapkan 4 (empat) Pos Pengamanan Terpadu.

Keempat Pos ini akan diisi oleh Personel Polri, Subden 2 Pelopor Brimob, jajaran TNI, Sat Pol PP, Dishub Darat, Tim Basarnas, Tim Kesehatan dan juga Tim Pemadam Kebakaran.

Hal ini disampaikan Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing, S.I.K.,M.Si melalui Kabag Ops Polres Belu KOMPOL Apolinario Da Silva, SH saat dikonfirmasi Humas, minggu (2/6/19).

Lebih lanjut, Kabag Ops mengatakan bahwa personilnya siap mengamankan aktivitas masyarakat selama lebaran ini,agar tercipta situasi Kamtibmas dan kamseltibcarlantas yang aman, lancar dan pemudik merasa nyaman dengan pelayanan Polri.

“Untuk lebaran tahun ini, Kita telah siapkan 4 Pos Pengamanan baik didalam kota maupun di luar kota. Pos Pengamanan ini Kita tempatkan di lokasi yang menjadi sasaran berkumpulnya masyarakat dan umat Muslim saat melaksanakan Sholat Ied nanti antara lain seperti di simpang lima Kota Atambua, di Bandara A.A Bere Tallo Haliwen, Pelabuhan Atapupu, dan lapangan umum Betun” terang Kabag Ops.

”Posnya sudah berdiri dan sudah Kita pasang spanduknya. Posnya akan segera diisi personil Kita yang diback up rekan-rekan dari instansi terkait dan akan melaksanakan Piket jaga. Mereka dilengkapi senjata, Peta geografi demografi, peta maping kerawanan daerah darat dan laut serta kendaraan bermotor.” urai Kabag Ops Polres Belu.

Lebih lanjut dikatakan, penempatan pos di titik-titik tersebut agar dengan mudah melayani masyarakat bilamana ada gangguan kamtibmas selama perayaan Idul Fitri termasuk arus mudik yang tentunya akan meningkat dibanding hari-hari biasa.

“Di simpang lima dan Bandara Haliwen penanggung jawabnya ada di Satuan Lalu Lintas dan Sabhara. Sementara di pelabuhan Atapupu tugasnya ada pada personil Polsek Kakuluk Mesak, Sat Pol Air, Pos Kp3 laut dan juga Pos Motaain, Sedangkan Pos yang ada di lapangan umum Betun, akan dibebankan kepada personil Polsek Malaka Tengah, Polsek Weliman dan Polsek Malaka Barat” tutup Kabag Ops.

Untuk diketahui, dalam pengamanan perayaan Idul Fitri 2019/1440 H, Polres Belu didukung instansi terkait, akan melaksanakan operasi ketupat Turangga selama 13 hari, terhitung dari tanggal 29 Mei s/d 10 Juni 2019.