Kapolda Lantik 130 Bintara Polri Gelombang I T.A. 2023 di SPN Polda NTT

Kapolda Lantik 130 Bintara Polri Gelombang I T.A. 2023 di SPN Polda NTT

Tribratanewsntt.com - Sebanyak 130 Siswa Bintara Polri di Sekolah Kepolisian Negara Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), dilantik menjadi Bintara Polri, Kamis (6/7/2023) sore.

Upacara Penutupan dan Pelantikan Bintara Polri T.A 2023 dipimpin langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., bertempat di SPN Polda NTT yang dihadiri oleh Ka SPN Polda NTT Kombes Pol. Nanang Putu Wardianto, S.St., M.K beserta para pejabat Utama Polda NTT.

Hadir juga Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Vera Cristina Sirait Asadoma, M.Sc., berserta Perwakilan Pengurus Bhayangkari Daerah NTT.

Tampak hadir Kabinda NTT, Kepala Kesbangpol Provinsi NTT, perwakilan BNN Provinsi NTT, perwakilan dari TNI, perwakilan dari Pemerintah Provinsi NTT dan perwakilan dari Kajati NTT, perwakilan BNI Cabang Kupang, perwakilan dari Mandiri dan tamu undangan lainnya serta para orang tua Bintara Remaja Pembentukan Bintara Polri Polda NTT.

Upacara ini ditandai dengan Pernyataan Penutupan Pendidikan oleh Kapolda NTT selaku Inspektur Upacara. Selanjutnya Penanggalan Tanda pangkat Siswa, penyamatan Pangkat Efektif, Penerimaan piagam Penghargaan dan pengalungan medali kepada tiga orang siswa terbaik pada bidang akademik, mental dan jasmani, sebelumnya dibacakan Keputusan Kapolri tentang Pengangkatan dan Penggajian Bintara Polri Lulusan Diktukba Polri Gelombang I T.A. 2023.

Kemudian dilakukan Pengambilan Sumpah kepada Bintara Lulusan SPN Polda NTT ini yang didampingi Rohaniawan, pengucapan sumpah dipandu oleh Kapolda NTT dan setelah pengambilan sumpah dilanjutkan Penandatanganan berita acaranya.

Pada kesempatan ini, Kapolda NTT membacakan amanat Kalemdiklat Polri Komjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si., menyampaikan bahwa upacara pada hari ini menandakan telah berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan pembentukan Bintara Polri gelombang I Tahun Anggaran 2023, yang diselenggarakan di sepolwan, pusdik brimob dan pusdik Polair lemdiklat polri serta di 31 SPN Polda.

"Upacara yang diselenggarakan pada hari ini merupakan momentum penting, dalam menandai berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan pembentukan Bintara gelombang I tahun anggaran 2023, yang diselenggarakan di SPN Polda", ucap Kapolda NTT.

Dikatakannya, dengan berakhirnya program pendidikan pembentukan ini, maka polri telah berhasil menambah personel golongan pangkat bintara dan tamtama sebanyak 9.098 orang, terdiri atas 8.458 polisi laki-laki dan 640 polisi wanita. Jumlah tersebut terbagi ke dalam 6.901 bintara polisi tugas umum, 499 bintara brimob, 100 bintara polair, 1.499 tamtama brimob dan 99 tamtama polair.

"Hal ini tentunya menjadi suatu kekuatan strategis untuk menunjang pelaksanaan tugas polri agar lebih optimal. Melalui penambahan jumlah personel ini, diharapkan penyebaran pelayanan publik semakin meningkat dan kehadiran polisi di tengah lingkungan sosial akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat", ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga, Kapolda NTT mengucapkan selamat kepada para bintara remaja polri yang telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan pembentukan selama lima bulan di lembaga pendidikan Polri dengan baik, dan menghantarkan secara resmi pada hari ini dilantik menjadi anggota polri, dengan menyandang pangkat brigadir polisi dua dan bhayangkara dua.

"Mulai hari ini, pada diri saudara-saudara sekalian telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai bhayangkara negara yang dituntut untuk senantiasa harus mampu diaktualisasikan dalam setiap sikap, tutur kata dan perilaku hidup, baik dalam kedinasan maupun di luar kedinasan, sehingga mampu menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat", pesannya.

"Amanah ini harus saudara selalu ingat, junjung tinggi dan laksanakan dengan sepenuh hati, penuh kebanggaan, kehormatan dan niatkan untuk selalu berbuat yang terbaik. Setelah ini, saudara sekalian akan ditempatkan untuk melaksanakan tugas di seluruh wilayah indonesia sesuai latar belakang pendidikan yang telah dilalui. Untuk itu, bulatkan tekad dan semangat serta motivasi diri tanpa henti untuk senantiasa memberikan dharma bakti terbaik kepada institusi Polri, masyarakat, bangsa dan negara", lanjutnya.

Selain itu, doa dan dukungan orang tua sekalian merupakan dorongan spiritual yang akan terus menjadi bagian dari putra putri bapak ibu dalam menjalankan tugas polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta menegakkan hukum guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Selanjutnya, di kesempatan yang ada, Kapolda juga menekankan kepada para Bintara remaja angkatan 49 untuk selalu tingkatkan selalu keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa sebagai pedoman dalam kehidupan dan pelaksanaan tugas.

"Pegang teguh dan amalkan nilai-nilai tribrata dan catur prasetya dalam setiap langkah pengabdian sebagai insan bhayangkara dan junjung tinggi panji-panji tribrata. Pahami dengan baik dan laksanakan tugas yang diemban dengan sungguh sungguh, penuh keikhlasan dan tanggung jawab", tegasnya.

Terus bekali kemampuan dengan belajar, belajar dan terus belajar. karena sejatinya hidup itu merupakan pembelajaran yang panjang dan tidak pernah berhenti (life long learning).

"Senantiasa menjaga nama baik serta kehormatan diri, keluarga, dan institusi. Hindari segala pelanggaran disiplin, pelanggaran kode etik profesi Polri, maupun pelanggaran pidana dan senantiasa bangun komunikasi positif dengan masyarakat, serta perkuat sinergi dan soliditas dengan rekan rekan TNI, pemerintah daerah, serta seluruh komponen bangsa lainnya guna memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif", pintanya.

Diakhiri sambutannya, Kapolda juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ka SPN Polda NTT beserta seluruh staf, pengasuh, instruktur, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

"Saya ucapkan terimakasih kasih atas perhatian dan dukungannya, kepada pimpinan TNI, pemerintah daerah, para tokoh masyarakat serta seluruh pihak yang dengan penuh semangat memberikan dukungan, kerjasama dan kontribusi terbaik bagi terselenggaranya Dktuk bintara dan tamtama polri gelombang i tahun anggaran 2023, sehingga dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan yang diharapkan", tandasnya.