Kapolda NTT Ajak Personel Polda NTT untuk Tetap Netral dalam Menghadapi Pemilu 2023-2024

Kapolda NTT Ajak Personel Polda NTT untuk Tetap Netral dalam Menghadapi Pemilu 2023-2024

Tribratanewsntt.com,- Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum, menyampaikan pesan penting kepada seluruh personel Polda NTT saat mengambil apel pagi pada Senin, 6 November 2023, pukul 06.30 Wita.

Kapolda NTT mengajak seluruh personel untuk menjaga netralitas dalam menghadapi setiap tahapan Pemilu tahun 2023-2024.

Dalam arahannya, Irjen Johni Asadoma menekankan pentingnya netralitas personel Polda NTT dalam proses Pemilu. Beliau menjelaskan bahwa Mabes Polri telah mengeluarkan Surat Telegram yang menuntut netralitas anggota Polri dalam perhelatan Pemilu. Kapolda NTT juga menegaskan bahwa tugas utama personel Polda NTT adalah mengamankan setiap tahapan Pemilu, bukan terlibat dalam politik praktis.

"Tetap jaga netralitas kita dalam Pemilu ini, jangan terlibat langsung baik itu sebagai tim sukses bagi siapapun. Sudah ada Surat Telegram dari Mabes Polri yang menuntut netralitas kita sebagai anggota Polri. Tugas kita adalah mengamankan setiap tahapan Pemilu ini. Anggota Polri tidak boleh terlibat dalam politik praktis, setiap anggota Polri tidak dipilih maupun memilih," tegas Kapolda NTT.

Irjen Johni Asadoma juga mengingatkan bahwa tahapan Pemilu akan terus berlanjut, dengan tanggal 28 November sebagai awal tahapan kampanye. Sebagai persiapan, personel Polda NTT telah melakukan latihan pra operasi dan Sispamkota. Mereka juga telah dilengkapi dengan Surat Perintah pengamanan Operasi Mantap Brata Turangga, sebuah operasi besar yang melibatkan seluruh anggota Polri.

"Kita sudah melaksanakan latihan pra operasi dan juga Sispamkota. Kita juga sudah dilengkapi Surat Perintah pengamanan Operasi Mantap Brata Turangga. Ini merupakan even yang sangat besar karena dilaksanakan secara serentak dalam sehari. Ini butuh kesiapan kita. Oleh karena itu, setiap anggota wajib mengetahui dan paham tugas dan kewajibannya masing-masing," tambah Kapolda NTT.

Dalam menghadapi pesta demokrasi ini, Kapolda NTT juga mendorong personel Polda NTT untuk senantiasa siap siaga dalam pelaksanaan tugas mereka. Beliau menekankan pentingnya kesiapsiagaan, termasuk peralatan Kaporlap dan Kaporsat, serta menjaga disiplin, loyalitas, dan kinerja yang tinggi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Semua personel Polda NTT diharapkan akan menjunjung tinggi netralitas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas mereka selama proses Pemilu 2023-2024 demi terciptanya pesta demokrasi yang aman dan damai di NTT.