Kapolda NTT Beri Nasehat dan Motivasi Kepada Para Tahanan Polres Malaka

Kapolda NTT Beri Nasehat dan Motivasi Kepada Para Tahanan Polres Malaka

Tribratanewsntt.com - Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., memberikan nasehat dan motivasi kepada para tahanan Polres Malaka, Kamis (3/8/2023).

Pemberian motivasi itu diberikan saat Kapolda NTT melakukan pengecekan Ruangan Pelayanan Publik dan ruangan tahanan Mapolres Malaka.

Pengecekan ini merupakan bagian dari upaya Kapolda NTT untuk memastikan bahwa fasilitas pelayanan di lembaga penegak hukum berjalan dengan baik dan sesuai standar yang ditetapkan.

Didampingi oleh Kapolres Malaka AKBP RUDI J. J. LEDO S.H S.I.K., dan beberapa Pejabat Utama Polda, Kapolda NTT mengunjungi secara langsung unit-unit pelayanan yang ada di Mapolres Malaka meliputi Pelayanan SPKT Polres, Pelayanan SKCK, Pelayanan sidik jari dan Call Center 110.

Selanjutnya, Kapolda memasuki ruangan PPA (Pelayanan Perlindungan Anak) guna mengecek fasilitas dan layanan yang disediakan bagi anak-anak yang menjadi korban atau terlibat dalam kasus-kasus kekerasan dan kriminalitas.

Dalam peninjauan itu, Kapolda NTT juga berdialog dengan para personel yang bertugas di setiap unit pelayanan publik Polres. Dialog tersebut mencakup topik Job Description (deskripsi pekerjaan) dan pemberian arahan guna meningkatkan kualitas pelayanan yang prima terhadap masyarakat.

Kapolda menegaskan bahwa pelayanan yang baik akan menjadi cerminan profesionalitas dan dedikasi Polri dalam melayani masyarakat.

"Dalam setiap pelayanan, sikap tulus dan ikhlas harus senantiasa dijunjung tinggi. Jadilah pelayan masyarakat yang terbaik, karena tugas kita adalah melindungi dan melayani seluruh lapisan masyarakat dengan sepenuh hati," ucap Kapolda NTT.

"Berikan Pelayanan dengan cepat kepada Masyarakat yang membutuhkan setiap pelayanan. Responden dan cepat tanggap terhadap setiap aduan dari masyarakat walaupun melalui telpon sehingga masyarakat merasa puas dan terlindungi", tambahnya.

Ia juga secara pribadi bertanya kepada warga sekitar tentang masalah-masalah yang ingin mereka sampaikan terkait pelayanan kepolisian di wilayah tersebut.

Selain itu, Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma juga memberikan perhatian khusus pada kondisi kamar tahanan dan fasilitas pendukung lainnya.

Sambil bertatap muka dengan para tahanan, Kapolda NTT menanyakan secara langsung mengenai latar belakang kasus yang melibatkan mereka. Tujuan dari tanya jawab ini adalah untuk memahami lebih dalam mengenai situasi hukum dan memberikan pandangan terhadap sistem peradilan yang berlaku.

Tidak hanya sebatas pengecekan fasilitas, Kapolda NTT juga menyempatkan diri memberikan nasehat kepada para tahanan. Beliau menekankan pentingnya menjunjung tinggi hukum, mengakui kesalahan, dan belajar dari pengalaman masa lalu untuk menciptakan perubahan positif dalam diri masing-masing.

Kunjungan Kapolda ini direspon positif oleh para tahanan, yang mengaku merasa termotivasi dan memiliki semangat baru untuk merubah kehidupan mereka. Para tahanan juga berterima kasih atas perhatian dan dukungan yang diberikan oleh pihak kepolisian.

Semoga langkah-langkah ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan keamanan dan pelayanan kepolisian di Nusa Tenggara Timur.