Polri Peduli, Kapolda NTT Minta Jajaran Lalu Lintas Siapkan Tempat Pelayanan Khusus Bagi Penyandang disabilitas

Polri Peduli, Kapolda NTT Minta Jajaran Lalu Lintas Siapkan Tempat Pelayanan Khusus Bagi Penyandang disabilitas

Tribratanewsntt.com- Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum meminta jajaran Lalulintas Polda NTT untuk menyiapkan tempat  pelayanan khusus bagi para penyandang disabilitas di tempat publik.

Hal ini disampaikan Kapolda NTT di sela-sela rapat Rencana Aksi Polri Presisi bidang Lalu Lintas Polda NTT Tahun 2021, Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Mapolda NTT, Jumat (29/1) lalu.

"Kepada Direktur Lalu Lintas untuk segera memerintahkan para Kasat Lantas Polres jajaran untuk menyiapkan tempat khusus bagi para penyandang disabilitas di tempat pelayanan publik", pinta Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Dikatakannya bahwa Jajaran Lalu lintas khusunya di Polda NTT diminta membuat terobosan kreatif dalam permasalahan E-Tilang sehingga lebih mempermudah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Hal ini merupakan bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat khusunya kepada kaum disibilitas", ungkap Kapolda NTT.

Dijelaskan akan dibuat juga SOP tentang tata cara pelayanan pada kaum Disabilitas sehingga menjadi pedoman bagi anggota Satuan lalu lintas.

"Selain itu perlu juga dibuat terobosan berupa pemberian pelatihan bagi personel yang mampu berkomunikasi dengan penyandang disabilitas sebagai bukti pelayanan kepada masyatakat", jelasnya.

Terkait penanganan kecelakaan lalu lintas, Kapolda berharap jajaran lalu lintas melakukan evaluasi dan survei dalam menangani apa yang menjadi persoalan/keluhan masyarakat. Karena dengan hasil survei yang ada akan digunakan sebagai tolak ukur pelayanan kepada masyarakat.

Kapolda juga mengingatkan agar polisi menggelorakan kearifan lokal masyarakat.

"Saya berharap di tinggkat Polda ada program unggulan yang dilakukan Direktorat Lalu Lintas Polda NTT. Disisi lain perlu dibuat program unggulan yang sederhana namun kreatif serta direktorat Lalu Lintas Polda NTT membuat virtual lolice sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat", imbuhnya.