Kapolres Sumba Barat Turun Langsung Beri Imbau Prokes Saat Ritual Adat Pasola Lamboya

Kapolres Sumba Barat Turun Langsung Beri Imbau Prokes Saat Ritual Adat Pasola Lamboya

Tribratanewsntt.com - Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto,S.I.K., M.H., bersma Dandim 1613 Dumba Barat Letkol Czi. Irawan Agung Wibowo, S.T.,M.Tr (Han) turun langsung beri himbauan protokol Kesehatan saat ritual adat Pasola Lamboya di pantai Kerewei, Kecamatan Lamboya, Kebupaten Sumba Barat, Kamis (4/2/2021).

Dalam kesempatan itu, Kapolres berharap agar seluruh masyarakat Sumba Barat dapat memahami situasi dan kondisi yang saat ini sedang dialami pandemi Covid-19.

"Tanpa mengurangi esensi Pesta Adat Pasola, saya berharap masyarakat dapat memahami situasi ini, guna menghindari terjangkir Covid-19", harap Kapolres Sumba Barat.

"Karena ini demi keselamatan seluruh masyarakat Kabupaten Sumba Barat", ucapnya.

Kapolres juga memerintahkan kepada seluruh anggota yang terlibat dalam pengamanan pasola untuk terus menghimbau dan melakukan sosialisasi terkait kewaspadaan terhadap penularan covid 19 dengan tetap mentaati protokol kesehatan.

Dalam pengamanan ritual adat Pasola ini dilibatkan kurang lebih 200 dari personel TNI, Polri, Sat Pol PP dan Dinas Perhubungan.

Untuk diketahui, hari ini merupakan hari yang telah ditentukan untuk pelaksanaan Pasola di Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat. Namun berkaitan dengan pandemi covid 19, kali ini Pasola hanya dilaksanakan ritual adat oleh para Rato tanpa adanya atraksi pasola. Tidak adanya atraksi pasola tahun ini merupakan hasil kesepakatan para Forkopimda dan para Rato adat pasola.