Kapolsek Oebobo Beri Sosialisasi tentang Peranan Orang Tua dalam Perlindungan Terhadap Anak

Kapolsek Oebobo Beri Sosialisasi tentang Peranan Orang Tua dalam Perlindungan Terhadap Anak

Tribratanewsntt.com - Untuk menanamkan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang perlindungan terhadap anak, Kapolsek Oebobo, Polres Kupang Kota Kompol  I Ketut Saba memebrikan sosialisai UU nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak kepada warga lingkungan Rt 14 Kelurahan Bakunase 2 Kecamatan  Kota Raja Kota Kupang, Selasa (22/10/2019).

“Materi yang disajikan adalah tentang “peranan orang tua dalam perlindungan anak ” dan himbauan untuk menjaga situasi Kamtibmas di Kelurahan Bakunase 2 khususnya dan Kota Kupang pada umumnya.”ungkap Kapolsek

Sosialisasi ini diberikan kepada warga masyarakat agar mengerti dan memahami tentang bentuk-bentuk kekerasan terhadap anak,” kata Kapolsek.

Kompol   I Ketut Saba menyampaikan, ada beberapa tata cara penanganan apabila mengalami hal tersebut serta bagaimana menumbuhkan rasa kasih sayang, perhatian dan anak dalam lingkungannya.

“Anak mengenal berbagai macam nilai dan norma dalam keluarga,setiap anggota keluarga mempunyai tanggung jawab tertentu, keluarga dapat menentukan karakter setiap anggotanya terutama anak. Anak merupakan anggota keluarga yang wajib dilindungi oleh setiap angota lain yang ada di dalam keluarga. Orang tua mempunyai kewajiban besar untuk melindungi anak. Tetapi dengan bergulirnya waktu banyak pula orang tua yang tidak bertanggung jawab dengan tugasnya sendiri. Disinilah tugas orang tua yang harus mengubah kebiasaan buruk dalam mengasuh anak menjadi orang tua yang bertangung jawab dengan menjalankan kewajibannya dan mentaati aturan hukum sesuai perlindungan anak.”imbau Kapolsek

Orang tua tidak boleh membiarkan anak dilepas begitu saja. Mereka harus tetap diberi perhatian penuh. Adakalanya kelemahan-kelemahan orang tua saat ini tidak mengawasi anak-anak mereka itulah yang dimanfaatkan oleh orang-orang yang mempunyai niat jahat,”tutur Kapolsek.

Sentuhan hangat orang tua akan menjadi kekuatan bagi anak-anak. Anak akan bangkit dari setiap masalah yang ia hadapi karena ada bimbingan dan sentuhan dari orang tua. Bimbingan dan sentuhan inilah yang menjadikan anak kuat, secara lahir dan batin.”tambah Kapolsek.

Akhir kata, saya mengajak warga Kelurahan Bakunase 2 ,mari wujudkan keluarga sebagai lingkungan terdekat bagi anak yang mendukung masa depan anak.”tutup Kapolsek.