Kelompok Drumband SMA Frater Don Bosco Lewoleba Raih Juara I Lomba Drumband Kapolda NTT Cup 2023

Kelompok Drumband SMA Frater Don Bosco Lewoleba Raih Juara I Lomba Drumband Kapolda NTT Cup 2023

Tribratanewsntt.com - Kelompok drumband dari SMA Frater Don Bosco Lewoleba, Kabupaten Lembata, menorehkan penampilan memukau yang menghantar mereka meraih gelar juara I pada Lomba Drumband Kapolda NTT Cup tahun 2023. Sabtu 25 November 2023.

Lomba ini berlangsung di Lapangan Ricky Sitohang Polda NTT, melibatkan 38 SMA se-Provinsi NTT pada tanggal 17 hingga 19 November 2023.

Kompetisi ini mencakup sembilan peserta, termasuk tujuh sekolah dari Kota Kupang, satu sekolah dari Kabupaten Kupang, dan satu sekolah dari Kabupaten Lembata. Selain lomba di lapangan Polda NTT, peserta dari kabupaten lain melaksanakan perlombaan di wilayah masing-masing dengan koordinasi panitia lomba drumband tingkat polres.

Lomba drumband tahun ini juga memanfaatkan teknologi live streaming melalui akun YouTube Polres, yang dinilai oleh juri dari Polda NTT. Total hadiah yang disiapkan mencapai Rp 70 juta, dengan juara I diraih oleh SMA Frater Don Bosco Lewoleba.

Dalam upacara penyerahan hadiah di arena Car Free Day (CFD) di Jalan El Tari Kota Kupang, Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum, secara langsung menyerahkan piala, piagam penghargaan, dan uang tunai sejumlah Rp 25 juta kepada tim drumband juara I.

SMA Katolik Syuradikara Ende meraih Juara II dengan hadiah piala, piagam penghargaan, dan uang Rp 20 juta. Sedangkan Juara III diraih oleh SMA Regina Pacis Bajawa, Kabupaten Ngada, dengan piala, piagam, dan uang tunai Rp 15 juta.

Khusus untuk SMA Negeri 7 Kota Kupang, mereka mendapatkan penghargaan sebagai juara favorit dengan bonus uang tunai Rp 10 juta dari Asabri.

Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, menyampaikan apresiasi terhadap penampilan peserta dari berbagai daerah di wilayah NTT. Ia menekankan bahwa lomba drumband merupakan upaya Polda NTT untuk mendekatkan Polri dengan sekolah, serta membangkitkan kreativitas para pelajar dalam bidang musik, baris berbaris, dan seni tari.

"Saya berharap dengan kegiatan ini dapat mengembangkan bakat, kreativitas peserta didik memiliki kegiatan yang positif," ungkap Kapolda NTT.

Penutupan acara lomba ditandai dengan penampilan istimewa dari drumband Turangga Polda NTT. Irjen Pol Drs. Johni Asadoma menegaskan bahwa lomba drumband bukan sekadar kompetisi, melainkan juga sebagai sarana silaturahmi dan pembentukan karakter siswa dalam rasa persatuan, kekeluargaan, dan tanggung jawab.

Semarak acara ini diharapkan tidak hanya meningkatkan semangat kebangsaan, tetapi juga menjadi wahana positif untuk membentuk karakter siswa dalam disiplin, kerjasama tim, dan kebersamaan.