Kendaraan Taktis Water Canon Polres Rote Ndao Bantu Padamkan Kebakaran Lahan di Lingkungan Leli

Kendaraan Taktis Water Canon Polres Rote Ndao Bantu Padamkan Kebakaran Lahan di Lingkungan Leli

Tribratanewantt.com - Kendaraan taktis Water Canon yang dimiliki oleh Polres Rote Ndao dikerahkan untuk membantu memadamkan lahan terbakar di Lingkungan Leli, Kelurahan Onatali, Kecamatan Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao, Sabtu (12/8/2023).

Kebakaran lahan hutan (HTI) yang diduga dimulai sejak pukul 09.48 Wita pagi ini cepat merambat akibat angin kencang serta banyaknya dahan dan ranting kering.

Mendapat laporan dari warga, Kapolsek Rote Tengah Ipda Charles R. Pati beserta empat anggota segera merespons dan tiba di tempat kejadian. Meski berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, angin kencang menjadi tantangan dalam proses pemadaman.

"Sisi sebelah timur dan selatan sudah dapat kami padamkan, tetapi sisi barat dan utara masih sulit karena keterbatasan alat dan angin kencang," ungkap Kapolsek.

Kapolsek kemudian meminta bantuan Water Canon dari Polres. Kedatangan Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. juga tidak tinggal diam, ia bersama anggota lainnya berusaha memadamkan api dengan peralatan yang ada. Meskipun api sudah dapat dikendalikan, beberapa titik masih perlu dipadamkan karena lokasinya yang sulit dijangkau.

"Kami melakukan penyemprotan dengan Water Canon di sekitar area yang terbakar dan berusaha memadamkan beberapa titik yang masih sulit dijangkau dengan alat seadanya," jelas Kapolres.

Dalam konteks ini, Kapolres juga mengingatkan masyarakat sekitar untuk menghindari pembakaran sembarangan serta kegiatan lain yang berpotensi memicu kebakaran.

Ia menekankan bahwa tindakan pembakaran liar akan dikenai sanksi hukuman.

Dengan bantuan kendaraan taktis Water Canon dan upaya keras aparat kepolisian, api yang melanda Lingkungan Leli berhasil dikendalikan.

Masyarakat diharapkan tetap waspada dan mendukung langkah-langkah pencegahan kebakaran.