Mengasah Kemampuan, Unit K9 Ditsamapta Polda NTT Gelar Latihan Kemampuan Anjing Pelacak dalam Mendeteksi Narkoba

Mengasah Kemampuan, Unit K9 Ditsamapta Polda NTT Gelar Latihan Kemampuan Anjing Pelacak dalam Mendeteksi Narkoba

Tribratanewsntt.com - Tingkatkan kemampuan Anjing Pelacak, Anggota Unit Satwa (K9) Ditsamapta Polda NTT gelar latihan. Latihan kemapuan anjing pelacak ini digelar di Markas D'Ranch 88 Ditsamapta Polda NTT, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Selasa (18/1/2022).

Kegiatan ini sendiri dipimpin oleh Kasubnit Cakal Unit Satwa Ditsamapta Polda NTT Apida Vinsensius Loye bersama pawang Bripka Lambertus Mata Dewa dan Bripka Meki Kristofel Taunu.

Adapun jumlah anjing pelacak yang dilatih pada kegiatan ini sebanyak dua ekor yakni, yang pertama anjing jenis Rotwller bernama Epik yang dilatih Kempuan kepatuhan dan yang kedua jenis Belgian Malenoide bernama Amal dilatih kemampuan mendeteksi Narkoba.

Dalam latihan yang in, Amal mencari barang bukti narkotika yang disembunyikan di bebatuan halaman Markas Unit K9. Setelah berputar-putar dan mengendus setiap tumpukan batu, anjing jenis Belgian Malenoise akhirnya menemukan barang bukti yang disembunyikan di tumpukan batu.

Sementara Epik dilatih dalam hal kepatuhan, dimana saat latihan anjing jenis Rotwller dilatih untuk mematuhi perintah dari sang Pawang.

Kasubnit Cakal Unit K9 Ditsamapta Polda NTT Apida Vinsensius Loye mengatakan, tugas unit K-9 dibagi menjadi empat jenis yaitu pelacakan narkoba, pelacakan bahan peledak, pelacakan kriminal umum, dan pengendalian masa (dalmas).

"Sementara pada pelatihan kali ini, kami melatih kemampuan kepatuhan dan pelacakan narkoba", terangnya.

Ia mengatakan, setiap hari unit K-9 dilatih agar kemampuannya tak menurun. Karena tugasnya yang beranekaragam, latihan yang diberikan untuk para anjing pelacak pun tak sama.

Kegiatan ini sendiri untuk mengasah kampuan Satwa k9, apabila sewaktu-waktu dibutuhkan satwa -satwa ini siap untuk opersoalional", pungkasnya.