Peduli Kemanusiaan di Tengah Wabah Covid-19, Polres Mabar Bantu Warga Donor Darah

Peduli Kemanusiaan di Tengah Wabah Covid-19, Polres Mabar Bantu Warga Donor Darah

Tribratanewsntt.com - Di saat pandemi global Covid-19, Polri khususnya Polres Manggarai Barat (Mabar) terpanggil untuk mendonorkan darahnya guna membantu memenuhi kebutuhan salah satu pasien cuci darah di RS. Siloam Labuan Bajo.

Sebelum melakukan donor darah, petugas melakukan pengecekan suhu terhadap pendonor dengan menggunakan thermometer dan peserta diwajibkan menggunakan masker dan hand sanitizer serta mengutamakan Physical Distancing.

Kemudian melakukan pendaftaran awal, selain itu petugas juga mengecek golongan darah personil, hemoglobin, mengecek tensi darah personil dan proses pengambilan darah.

Kapolres Mabar AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si., mengatakan aksi donor darah yang dilakukan sejumlah personil Polres Mabar adalah sebagai bentuk rasa kemanusian, untuk membantu warga di tengah tengah Kesibukan memerangi wabah Corona (Covid-19). Personil Polres Mabar juga tetap mengutamakan Physical distancing sebagai salah satu upaya yang dinilai efektif untuk memutus rantai penyebaran covid-19.

“Untuk donor darah kali ini diikuti 4 pendonor diantaranya 3 Personil Polres Mabar dan 1 Ibu Bhayangkari, sesuai kebutuhan golongan darah yang diperlukan adalah golongan darah A dan semuanya saling menjaga jarak,” ungkap AKBP Handoyo, Senin (13/4/2020)

Lanjutnya, darah yang terkumpul tersebut diperuntukan bagi Bapak Ferdinand, asal Borong, Kabupaten Manggarai Timur yang melaksanakan cuci darah yang notabene kini dirawat di RS. Siloam Labuan Bajo.

“Inisatif para anggota untuk melakukan donor, membantu warga yang sakit seperti Bapak Ferdinand ini, selain itu donor darah juga akan membuat badan lebih sehat dan stamina lebih terjaga, kalau di laksanakan secara rutin dan anjuran dari Dinas kesehatan,” ujar Kapolres Mabar.

Dikatakan pula, kegiatan donor darah akan dilakukan secara rutin. Ketika ada masyarakat yang membutuhkan darah maka personil Polres Mabar dan Polsek Jajaran akan bantu lewat giat donor darah.

“Setiap labu darah yang disumbangkan sangatlah berarti bagi yang membutuhkan dan bisa memberikan kesempatan hidup. Kegiatan donor darah ini akan kami lakukan secara rutin dengan melibatkan seluruh personil Polres Mabar dan Polsek jajaran. Bagi yang belum bisa donor sekarang, kami persiapkan untuk donor berikutnya, mungkin nanti dibutuhkan golongan darah B atau lainnya, sehingga personil kami sudah siap,” imbuh Kapolres Mabar.

AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si. juga menghimbau agar warga yang bisa mendonorkan darahnya tergerak untuk membantu PMI atau warga yang membutuhkan dalam memenuhi kebutuhan darah.

“Mari kita bantu masyarakat yang membutuhkan darah. Jangan takut datang ke PMI atau Rumah Sakit walaupun saat ini sedang dilanda wabah Covid-19,” tutup AKBP Handoyo.