Pelantikan Bintara Polri, Kapolda NTT :"Jadilah Teladan Bagi Masyarakat"

Pelantikan Bintara Polri, Kapolda NTT :

Tribratanewsntt.com ,- Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Raja Erizman pagi tadi melantik 202 Bintara Polri Polda NTT di SPN Kupang, Selasa (6/3/18).

Bintara Polri yang dilantik ini sebelumnya telah mengikuti pendidikan pembentukan di SPN Kupang selama tujuh bulan mulai dari tanggal 9 Agustus 2017 sampai dengan dilantik hari ini dengan total 1400 jam pelajaran yang diberikan.

Upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A. 2017/2018 merupakan rangkaian akhir dari Program Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A. 2017/2018 yang telah berlangsung selama 7 (tujuh) bulan, di Sepolwan Lemdiklat Polri, Pusdik Sabhara, Pusdik Binmas, dan 29 SPN jajaran Polda di seluruh Indonesia.

Pendidikan Pembentukan Bintara Polri ini menjadi salah satu upaya penting dalam mewujudkan Polri yang promoter.

Dengan jumlah brigadir yang mencapai 350.994 personel atau 79,2% dari jumlah total personel Polri, maka Bintara Polri merupakan garda terdepan dalam pelaksanaan tugas Polri.

Kinerja dan perilaku Bintara Polri akan memberikan pengaruh besar terhadap citra dan penilaian masyarakat terhadap organisasi Polri.

Melalui penerapan kebijakan minimum zero growth dan sistem rekruitmen yang berasaskan BETAH, Polri diharapkan dapat menghasilkan Bintara Polri dengan memiliki kualifikasi umum maupun Bintara Polri dengan kualifikasi khusus.

“Pendidikan pembentukan Bintara Polri T.A. 2017/2018 telah mendidik 10.139 personel Polri, terdiri atas 9.578 polisi laki-laki dan 561 polisi wanita, dengan 9.939 Bintara Polri memiliki kualifikasi umum dan 200 Bintara Polri memiliki kualifikasi penguasaan teknologi informasi” ujar Irjen Pol. Drs. Raja Erizman membacakan sambutan tertulis Kapolri.

“Selama proses pendidikan, para Bintara Polri ini telah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang kepolisian, sebagai modal utama dalam menghadapi berbagai tantangan tugas di lapangan” tambahnya.

“Pelantikan Bintara Polri T.A. 2017/2018 ini selayaknya disyukuri sebagai momentum awal pengabdian Saudara kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Saudara akan langsung dihadapkan pada beragam agenda nasional yang memerlukan kesiapsiagaan Polri secara optimal” tegas Kapolda.

Pada kesempatan yang baik ini, ada beberapa penekanan yang disampaikan, yaitu :

  1. Senantiasa tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral dalam berpikir, bersikap, dan bertindak, baik dalam tugas kedinasan maupun dalam kehidupan sehari-hari;
  2. Amalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya, sebagai pedoman pelaksanaan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara;
  3. Jalin komunikasi dan kerja sama sinergis dengan masyarakat, TNI, dan seluruh pemangku kepentingan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat;
  4. Tingkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan terus belajar dan berlatih guna mendukung keberhasilan pelaksaan tugas yang semakin kompleks; dan
  5. Jadilah teladan bagi masyarakat serta hindari perbuatan yang dapat menjatuhkan kehormatan diri, keluarga, dan organisasi Polri.

Mengakhiri Kapolri mengucapkan selamat kepada seluruh Bintara Remaja Polri atas keberhasilan dalam menyelesaikan rangkaian pendidikan.

“Selamat kepada para orang tua dan keluarga yang telah berhasil mengantarkan putra-putrinya menjadi bagian dari keluarga besar Polri. Terus dukung dan jaga putra-putri Saudara untuk senantiasa melaksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh semangat” ucap Kapolda NTT.

Selaku pimpinan Polri, Kapolri juga  mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kalemdiklat Polri, Kasepolwan, Kapusdik Sabhara, Kapusdik Binmas, para Ka SPN Polda jajaran, beserta seluruh tenaga pendidik, instruktur, dan pengasuh, atas terselenggaranya Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A. 2017/2018 dengan lancar dan sukses.