Pelatihan Satpam Gelombang III di Kabupaten Ngada, Ditbinmas Polda NTT Terapkan Prokes Ketat

Pelatihan Satpam Gelombang III di Kabupaten Ngada, Ditbinmas Polda NTT Terapkan Prokes Ketat

Tribratanewsntt.com,- Ditbinmas Polda NTT menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Satuan Pengamanan Gada Pratama 2022 Gelombang ke III di Kabupaten Ngada, Rabu (16/2/22).

Kegiatan pelatihan ditandai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kapolres Ngada AKBP Abilio Dos Santos, S.I.K di di Lapangan Apel Polres Ngada.

Dalam sambutannya, Kapolres Ngada AKBP Abilio Dos Santos, S.I.K mengatakan bahwa Pelatihan dasar Gada Pratama Satpam yang dilaksanakan ini merupakan sarana peningkatan profesionalisme Satpam untuk mewujudkan pengamanan swakarsa yang handal.

“Dengan pelatihan ini, para peserta akan dibekali dengan kemampuan dan keterampilan yang memadai dalam melakukan tugasnya di lapangan sebagai perpanjangan tangan tugas kepolisian dengan kewenangan yang terbatas”ujar Kapolres Ngada.

Diharapkan peserta dapat menambah pengetahuan, kemampuan dan profesionalitas dalam bekerja dan menjadi bekal bagi peserta yang akan menjadi Satpam.

Untuk menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Polri berupaya maksimal, sistematis dan terukur, dibutuhkan keberadaan pamswakarsa yang sah menurut perundang-undangan.

Sehingga dapat berkiprah dan berperan aktif dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif khususnya dilingkungan kerja masing-masing.

Kegiatan Diklat Satpam Gada Pratama 2022, Kapolres Ngada menekankan dan mendorong agar para peserta mampu mengembangkan kemampuan masing-masing individu serta dalam bertugas menjaga etika profesi Satpam.

“Tanamkan Etika Profesi bagi setiap anggota Satpam dalam bertugas. Serta tunjukkan juga dalam menjalankan tugas bisa melindungi, mengayomi, melayani masyarakat khusus di tempatnya kerja masing-masing,” tegasnya.

Di samping terkait gangguan kamtibmas, ia menegaskan saat ini masyarakat Kabupaten Ngada juga sedang menghadapi pandemi Covid-19. Apalagi juga sudah ditemukan kasus varian baru jenis Omicron di Indonesia, Kapolres mengingatkan dalam pelaksanaan diklat harus menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Untuk diketahui Pelatihan Satpam kali ini diikuti oleh 85 orang peserta dari darata Flores. Kegiatan akan dilaksanakan selama 10 hari kedepan dan akan ditutup pada tanggal 26 Februari 2022.

Sementara untuk tenaga pendidik (gadik) dari Ditbinmas Polda NTT berjumlah tiga orang personel yang dipimpin oleh Kompol Melky Bagailan. Selanjutnya ditambah dengan para kasat jajaran Polres Lembata yang akan memberikan pelajaran tentang ilmu-ilmu Kepolisian.