Pembangunan PLBN Napan : Kolaborasi TNI-Polri Mendorong Perekonomian Wilayah Perbatasan di Kabupaten TTU.

Pembangunan PLBN Napan : Kolaborasi TNI-Polri Mendorong Perekonomian Wilayah Perbatasan di Kabupaten TTU.

Luas wilayah Kabupaten TTU adalah 2.623,20 km², berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 2021-2023. Wilayah utara berbatasan dengan Laut Sawu dan Negara Republik Demokratik Timor Leste, sementara wilayah timur berbatasan dengan Kabupaten Belu, wilayah barat berbatasan dengan Kabupaten Kupang, dan wilayah selatan berbatasan dengan Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Sebagai salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan Negara Republik Demokratik Timor Leste, Kabupaten TTU memiliki potensi ekonomi yang signifikan karena berada pada jalur perdagangan antar dua negara.

Berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Sebelas Pos Lintas Batas Negara Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan yang berada di wilayah Kabupaten TTU adalah salah satu PLBN yang mengalami percepatan pembangunan. Pembangunan PLBN ini diharapkan dapat mengurangi disparitas, meningkatkan daya saing nasional, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.