Penerapan PPKM Level IV di Sumba Timur, Irwasda Polda NTT Minta Seluruh Anggota Bekerjasama Dalam  Penanganan Covid-19

Penerapan PPKM Level IV di Sumba Timur, Irwasda Polda NTT Minta Seluruh Anggota Bekerjasama Dalam  Penanganan Covid-19

Tribratanewsntt.com - Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli, S.S.T.M., S.H., M.M., memimpin apel siaga pengecekan penerapan kegiatan PPKM level IV di Kabupaten Sumba Timur, Rabu (28/7/2021).

Apel yang digelar di Mapolres Sumba Timur ini dihadiri oleh pejabat utama Polda NTT terdiri dari Karoops Polda NTT Kombes Pol. Ulami Sudjaja, Dirsamapta Polda NTT Kombes Pol. Sudarmin S.I.K., M.H, Kabidhumas Polda NTT, Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto., S.H. S.I.K., M.H., Kabid TIK Polda NTT, Kombes Pol. I Made Rasma Jemy Karang S.I.K., M.Si., dan Para perwira Polres Sumba Timur serta dari unsur TNI yakni Danposal Sumba Timur dan Pasi Ops Kodim 1601 Sumba Timur.

Peserta apel terdiri dari Peleton Kodim 1601 Sumba Timur, Peleton Brimob Kompi 4 Yon C Pelopor Sumba Timur , Peleton Sabhara Polres Sumba Timur, Peleton Staf Polres Sumba Timur, Peleton Gabungan Intel Reskrim Polres Sumba Timur, Peleton Satpol-PP, Peleton Basarnas dan Peleton Dishub.

Dalam kesempatan itu, Irwasda Polda NTT menyampaikan bahwa kedatangan Kapolda NTT bersama rombongan di Sumba Timur dalam rangka memberikan motivasi dan semangat untuk rekan-rekan dalam melaksanakan tugas Penerapan PPKM level IV.

Dikatakannya bahwa peningkatan penyebaran covid-19 di Kabupaten Sumba Timur ini, dikarenakan ada kegiatan aktivitas masyarakat yang dilakukan tanpa memperhatikan prokes.

"Untuk itu kita harus bekerja lebih ekstra dalam penerapan PPKM ini, khususnya dalam penerapan Inmendagri 24, 25, dan 26 Tahun 2021 terkait PPKM Level IV di Kabupaten Sumba Timur", ungkap Irwasda Polda NTT.

Ia juga mengharapkan agar seluruh komponen yang tergabung dalam tugas gugus di Sumba Timur yakin Polri-TNI dan Pemerintah Daerah agar selalu berkerjasama dan berkoordinasi dalam penanganan Covid-19

"Kami sangat mengharapkan agar seluruh personel selalu bekerjasama serta tetap perhatikan instruksi Bapak Mendagri terkait penanganan Covid-19", pintanya.

Kepada Perwira Pengedali Lapangan agar selalu memberikan arahan kepada personel agar tetap melaksanakan tugas sesuai SOP.

"Padal tetap lakukan APP, SOP dan tetap perhatikan anggota di lapangan saat melakukan tugas penerapan PPKM level IV di Kabupaten Sumba Timur ini agar tetap pada jalur yang direncanakan", tegasnya.

Irwasda juga perintahkan agar diatur kesiapan posko, sprin pelaksanaan tugas, terutama dalam penyekatan-penyekatan dan harus bekerjasama dengan pihak terkait agar berjalan sesuai yang diharapkan.

"Dalam penyekatan harus disiapkan tenda, dan spanduk penjelasan bahwa sedang dilakukan penyekatan agar tidak ada presepsi miring terkait kegiatan PPKM level IV ini", tegasnya.

Ia juga meminta agar para Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan sosialisasi hingga ke tingkat desa, sehingga masyarakat dapat memahami kegiatan yang dilaksanakan.

"Tolong hindari kekerasan, hindari kata-kata kasar, namun tetap tegas dan humanis. Tegakkan hukum sesuai peraturan yang berlaku, lakukan dengan tetap memperhatikan kesehatan pribadi rekan-rekan. Hindari teguran yang menyebabkan citra kita jelek di mata masyarakat", jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada anggota agar terus menerapkan Prokes di lingkungan kantor masing-masing, karena kesehatan dimulai dari lingkungan sendiri dan selalu lakukan anev sehingga bisa mengetahui apa kekurangannya.

"Mari kita bekerjasama, saling mendukung dan yang terakhir mari kita sukseskan vaksinasi massal. Akhir kata, tetap jaga kesehatan dan semangat buat kita semua", tandasnya.