Personel TNI-POLRI Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan VVIP Kunker Presiden RI Ir. Joko Widodo dan Rombongan di Belu

Personel TNI-POLRI Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan VVIP Kunker Presiden RI Ir. Joko Widodo dan Rombongan di Belu

Tribratanewsntt.com - Personel TNI-POLRI dan unsur pendukung pengamanan lainnya melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan VVIP kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI Ir. Joko Widodo beserta rombongan di wilayah Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang digelar di lapangan Simpang Lima Atambua, Minggu,(19/5/2019) sore.

Apel gelar pasukan dipimpin oleh Danrem 161/WS Brigjen TNI Syaiful Rahman, S. Sos dan dihadiri oleh Karoops Polda NTT Kombes Pol Drs. Rudi Kristantyo, Kasiops Korem 161/WS Kolonel Inf. Pakpahan dan Kapolres Belu AKBP Christian Tobing, S.I.K., M.Si serta para pejabat lingkup Polri maupun TNI.

Dalam amanat Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto yang dibacakan oleh Danrem 161/WS Brigjen TNI Syaiful Rahman, S. Sos menyampaikan bahwa, Apel gelar pasukan sangat perlu dilaksanakan untuk mengecek sejauh mana tingakat kesiapan pasukan pengamanan baik perorangan maupun hubungan satuan serta pemahaman tentang langkah dan tindakan sesuai dengan protap pengamanan VVIP yang berlaku.

"Manfaat apel gelar pasukan ini sebagai sarana komunikasi dan koordinasi antar unsur pengamanan utamanya untuk menjamain kelancaran pelaksanaan tugas serta untuk menghindari adanya kesalahan prosedur pengamanan di lapangan", ucap Brigjen TNI Syaiful Rahman, S. Sos.

Dikatakannya, Kodam IX/Udayana selaku komando operasi pengamanan VVIP wilayah BALI-NUSRA bersama-sama Polda NTT, Pemda NTT dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengaman secara maksimal.

"Untuk itu kejelasan tugas, tanggung jawab dan rantai komando harus dipahami dan menjadi pedoman agar pelaksanaan tugas menjadi efektif dan efisien dalam mencapai tujuan dan sasaran pengamaan", katanya.

Lanjutnya, kepada seluruh Personel Satgas Pam VVIP, Pangdam XI/Udayana memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan sehingga pelaksanaan pengamaan nantinya dapat berjalan sesuai yang diharpakan, diantaranya, Pahami dan kuasai protap pengamanan VVIP, Pegang teguh disiplin dengan memeahami rantai komando yang efektif dan efisien, Tingkatkan kepekaan dan jagan lengah terhadap situasi yang berkembangan, Jangan ragu dalam bertindak dan tingkatkan koordinasi secara optimal, secara cermat dan ikuti perkembangan situasi secara terus menerus serta laporkan sesuai dengan rantai komando.

"Semua penekanan yang saya sampaikan ini agar dipahami, dipedomani dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh personel Satgas Pam VVIP, sehingga kegiatan kunjungan kerja Presiden RI beserta rombongan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar", harapnya.

"Tugas ini merupakan tugas yang mulia yang dibebankan kepada kita, oleh karena itu, tidak ada jalan lain, kita harus mewujudkan keberhasilan pengamann ini, tidak ada alternatif lain bahwa kita harus menjaga keamanan seluruh wilayah NTT ini, khusunya di kabupaten Belu terutama dalam kunjungan kerja Presiden RI kali ini", pungkasnya. (Rf)