Pimpin Sertijab, Ini Harapan Kapolres Belu kepada Pejabat Baru Kasat Reskrim dan Kapolsek Malaka Tengah

Pimpin Sertijab, Ini Harapan Kapolres Belu kepada Pejabat Baru Kasat Reskrim dan Kapolsek Malaka Tengah

Tribratanewsntt.com - Jabatan Kapolsek Malaka Tengah dan Kasat Reskrim Polres Belu, Rabu (12/9/18) pagi resmi mengalami pergantian. Hal ini ditandai dengan upacara serah terima jabatan yang berlangsung di lapangan apel Polsek Malaka Tengah, Desa Wehali, Kec. Malaka Tengah, Kab. Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Upacara sertijab dipimpin langsung oleh Kapolres Belu AKBP Christian Tobing, S.I.K., M. Si dengan komandan upacara Kapolsek Weliman IPTU Yusuf, SH dan diikuti oleh anggota Polres Belu yakni, anggota Sat Sabhara, Lantas, Reskrim, Narkoba, Intelkam, personil Polsek Jajaran Malaka, serta anggota Bhabinkamtibmas Polres Belu.

Hadir juga dalam upacara sertijab ini diantaranya, Waka Polres Belu Kompol I Ketut Perten, Ass.I Kab. Malaka Sakarias Nahak, Pejabat utama Polres Belu, para Kapolsek, Perwira Staf, Romo Deken Malaka, Ketua Majelis Jemaat GMIT Ebenhaezer Betun, Camat Malaka Tengah, Kepala Desa Wehali, Wakil Ketua Bhayangkari cabang Belu Ny.Warniki Ketut Perten beserta pengurus cabang dan ranting Polsek, Tokoh Masyarakat serta insan pers.

Selaku Inspektur Upacara, Kapolres Belu dalam amanatnya mengungkapkan bahwa serah terima jabatan di lingkungan Polri merupakan dinamika organisasi dari upaya tubuh Polri untuk meningkatkan kualitas kinerja organisasi.

Disatu sisi dengan serah terima jabatan (sertijab), akan terjadi regenerasi kepemimpinan yang membawa ide-ide baru dan mampu menciptakan hal baru pula serta semangat untuk terus maju.

“Pergeseran atau mutasi adalah suatu amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh loyalitas guna mencapai karir yang lebih baik kedepannya. Yakinlah bila kita mampu mengelola loyalitas maka lolosnya ujian yang diberikan kepada kita karena apa yang dilakukan akan sia-sia bila kita tidak melaksanakan loyalitas itu”kata Kapolres Belu.

Masih dalam amanatnya, Kapolres Belu menyampaikan ucapan terima kasih dan beberapa pesan kepada para pejabat lama yang melaksanakan serah terima maupun Ibu Bhayangkari (istri) yang selama ini mendukung suami dalam menjalankan tugasnya.

“Kepada pejabat lama AKP Rinaldi dan IPTU Jemi, saya atas nama Pimpinan dan keluarga menyampaikan terima kasih karena telah menghasilkan sederet prestasi untuk Institusi ini. Semoga apa yang sudah dilakukan selama ini menjadi pengalaman dan modal untuk bertugas nantinya di tempat tugas yang baru” kata Kapolres Belu.

“Pada kesempatan ini pula, Saya selaku Pembina Bhayangkari Polres Belu, mengucapkan terima kasih kepada Ibu RInaldi dan Ibu Jemi atas pengabdiannya di organisasi Bhayangkari serta senantiasa memberikan support kepada suami dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara” lanjut Kapolres Belu.

Sementara untuk Pejabat baru dan Bhayangkarinya, Kapolres Belu mengucapkan selamat bergabung dan meminta supaya segera menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.

“Kepada Pejabat baru Kapolsek Malteng, selamat bertugas ditempat yang baru. Laksanakan tugas secara profesional, ayomi anggota dan layani masyarakat sepenuh hati. Silahkan nanti berkordinasi dengan instansi terkait dari tingkat kecamatan hingga tingkat desa serta para tokoh yang ada di kabupaten Malaka ini” kata Kapolres Belu.

"Untuk pejabat baru Kasat Reskrim, selamat bertugas dan semoga bisa membawa semangat baru dalam menangani kasus-kasus yang masih tunggak secara profesional"ungkap harap Kapolres Belu.

Menutup sambutannya, Kapolres Belu meminta seluruh anggota Polsek jajaran Malaka untuk selalu memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat serta hindari pelanggaran yang dapat merugikan dirinya sendiri dan mencederai institusi kepolisian.

“Rekan-rekan harus selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, baik itu dalam suasana suka maupun duka. Hindari membuat resah dan menekan masyarakat. Berilah contoh yang baik, sehingga image negatif tentang Polri tidak akan melekat dalam diri masyarakat” ajak Kapolres Belu.

Rangkaian Upacara Sertijab juga ditandai dengan pengucapan sumpah/janji oleh Pejabat baru dihadapan Kapolres Belu, yang di dampingi oleh Ketua MUI Kab.Malaka Zainal Mutaqin.

Untuk diketahui, jabatan baru Kapolsek Malaka Tengah resmi diisi oleh AKP Alnofriwan Zaputra, SH, S.I.K, menggantikan AKP Rinaldi Hastomo, SH, SIK, MH yang mendapat jabatan baru sebagai Kasat Lantas Polres Ende.

Sementara jabatan baru Kasat Reskrim diisi oleh AKP Ardian Yuda Setyantono, SH., S.I.K., menggantikan Iptu Jemy Oktovinaus Noke, SH yang dimutasikan ke Direktorat Reskrimsus Polda NTT.