Provost Polda NTT Tegakkan Disiplin dengan Pemeriksaan Ketat Perlengkapan dan Kerapihan Personel

Provost Polda NTT Tegakkan Disiplin dengan Pemeriksaan Ketat Perlengkapan dan Kerapihan Personel

Tribratanewsntt.com - Provost Polda NTT melaksanakan pemeriksaan kelengkapan surat-surat serta kerapihan para personel Polri dan PNS Polda NTT. Pemeriksaan ini difokuskan pada Satker Itwasda, Bidhumas, Bid TIK, dan Bidkum Polda NTT, yang berlangsung di lapangan hitam Mapolda NTT pada Senin (8/7/2024) pagi.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kanit Hartib I Subditprovost Bidpropam Polda NTT, AKP Yorsen H. I. Bilaut, bersama belasan personel Subdit Provost Polda NTT.

Setiap personel diminta untuk menunjukkan kelengkapan surat-surat perorangan kepada petugas Provost, serta menjalani pemeriksaan kerapihan.

Kabdidpropam Polda NTT, Kombes Pol Robert Antoni Sormin, S.I.K., melalui Kanit Hartib I Subditprovost Bidpropam Polda NTT, AKP Yorsen H. I. Bilaut, menyatakan bahwa Operasi Gaktibplin kepada seluruh personel Polri dan ASN ini adalah bagian dari program kerja Kapolri untuk menegakkan ketertiban dan disiplin.

“Operasi penegakan dan penertiban disiplin (Gaktibplin) ini dalam rangka pembinaan, tampang, dan kelengkapan personel, karena sebagai aparat pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat, kami harus menjadi dan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat,” ujar AKP Yorsen H. I. Bilaut.

Ia menambahkan, anggota yang belum tertib akan diberikan tindakan sebagai upaya meminimalisir pelanggaran disiplin. “Bidpropam Polda NTT tidak segan memberikan sanksi bila ada yang melanggar,” tegasnya.

Diketahui, Bidang Propam Polda NTT akan secara rutin melaksanakan Operasi Gaktibplin. Operasi ini dilakukan secara acak dan menyeluruh, baik di lingkup Polda NTT maupun di Polres jajaran hingga tingkat Polsek.

Pemeriksaan kelengkapan meliputi identitas pribadi, atribut, pengecekan senjata api, serta kerapihan rambut dan pakaian dinas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.