Satlantas Polres Rote Ndao Sigap Bantu Evakuasi Pohon Tumbang Halangi Jalan

Satlantas Polres Rote Ndao Sigap Bantu Evakuasi Pohon Tumbang Halangi Jalan

Tribratanewsntt.com - Hujan disertai angin kencang menyebabkan satu pohon tumbang dan mengakibatkan pengendara tidak bisa melintas sama sekali. Kejadian pohon tumbang ini berlokasi di jalan raya Ba’a, Leter S, Lobalain, Kebupaten Rote Ndao, Selasa (30/3/2021).

Dalam upaya mengayomi masyarakat, Satlantas Polres Rote Ndao segera mengurai kemacetan dengan melaksanakan rekayasa lalu lintas. Akses jalan dari Lobalain dan menuju Kota Ba’a sementara ditutup. Untuk kendaraan roda 4 dan kendaraan besar lainnya untuk sementara dialihkan.

Sedangkan untuk roda 2 masih dapat melalui jalan tersebut setelah beberapa ranting besar yang telah dipotong dan disingkirkan.

Kasat Lantas Polres Rote Ndao AKP Wastoro menjelaskan bahwa pihaknya usai menerima laporan adanya pohon tumbang langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Rote Ndao untuk evakuasi pohon tersebut.

“Kami langsung kerahkan anggota ke lokasi untuk evakuasi pohon tumbang, dengan dibantu oleh BPBD Kabupaten Rote Ndao, jalannya evakuasi semakin cepat”, jelas Kasat Lantas Polres Rote Ndao.

Tidak diketahui pasti waktu kejadian pohon tumbang, pasalnya saat aktifitas masyarakat mulai berjalan pagi hari, pohon sudah menghalangi jalan, beruntung dengan kejadian ini tidak ada korban.

“Penyebab robohnya pohon diakibatkan adanya hujan disertai angin kecang. Pohon yang berada dipinggir jalan tersebut tumbang karena akar pohon tidak kuat menahan kerasnya angin,” ungkapnya.

Diketahui sejak malam hingga dini hari tadi, angin kencang disertai hujan melanda Kota Ba’a dan sekitarnya. Hal ini mengakibatkan satu pohon kedondong yang berada di ruas jalan Ba’a Utomo tumbang dan menghalangi jalan.

Setelah sekitar tiga jam berselang, evakuasi pohon yang diperkirakan setinggi 25 meter tersebut akhirnya berhasil dan arus lalu-lintas kembali normal.

"Dengan cepat situasi lalu lintas dapat dikendalikan dan lalu lintas dapat berjalan aman dan lancar", pungkasnya.