Tekan Laju Covid-19, Polres Belu dan Instansi Terkait Bagi Ribuan Masker dan Hand Sanitizer untuk Masyarakat

Tekan Laju Covid-19, Polres Belu dan Instansi Terkait Bagi Ribuan Masker dan Hand Sanitizer untuk Masyarakat

Ditengah pandemi virus corona atau covid-19 yang belum mereda hingga saat ini, Kepolisian Resor Belu dan instansi terkait bersinergi secara aktif mensosialisasikan dan menetapkan kewajiban masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Dan hari ini, rabu (10/2/2021), Polres Belu bersama anggota Kodim 1605 Belu dan Sat Pol PP kabupaten Belu, menggelar kegiatan bansos pencegahan covid-19 berupa pembagian masker dan hand sanitizer serta penyemprotan disinfektan di sarana publik.

Sebelum kegiatan bansos ini dimulai, Anggota gabungan TNI Polri dan Sat Pol PP, melaksanakan apel kesiapan di depan Polsubsektor Kota pasar baru, yang dipimpin Wakapolres Belu, KOMPOL Herman Bessie dan dihadiri Kasdim 1605 Belu, Mayor INF Ery Natan, M.S.N. SPd, Kabag Sumda, KOMPOL Alfonsius Hale Mau, Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH dan Pasi Ops Kodim 1605 Belu, Kapten CZI IWayan Mertedana.

Selepas apel pukul 09.00 wita pagi tadi, tim gabungan pencegahan covid-19 ini, langsung bergerak di 3 (tiga) titik kota Atambua antara lain kompleks pasar baru, pasar lama dan kompleks pasar lolowa Atambua.

Sejumlah warga maupun pedagang yang tak mengenakan masker ataupun melanggar, langsung diberikan teguran, selanjutnya para pelanggar diberikan masker gratis dan diingatkan untuk lebih disiplin menjalani protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan setiap selesai beraktivitas.

Terpisah, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si mengatakan,kegiatan pendisiplinan 5 M bertujuan mencegah sekaligus memutus mata rantai covid-19 khususnya di diwlayah kabupaten Belu.

"Sesuai instruksi bapak Kapolda NTT saat vicon kemarin agar hari ini, Kita turun penuh dan bersinergi dengan instansi terkait, bergerak menggelorakan penerapan protokol kesehatan dan menetapkan kewajiban masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Ada 1500 masker dan 150 botol kita bagikan ke masyarakat"kata Kapolres Belu.

"Dan untuk sasaran Kita lebih kepada masyarakat yang kurang sadar dengan protokol kesehatan. Kita minta mereka untuk tetap memakai masker, jaga jarak satu sama lain dan rajin mencuci tangan. Kedepan, upaya ini akan terus Kami galakkan selama pandemi ini belum mereda"pungkas Kapolres Belu.

Lebih lanjut, mantan Kapolres Sumba Barat ini berharap, dengan adanya operasi yustisi tersebut, masyarakat dapat membiasakan diri dalam menggunakan masker di tengah adaptasi kebiasaan baru.

"Operasi yustisi ini setiap harinya akan Kita gelar, baik secara gabungan dengan instansi terkait maupun dari kami sendiri melalui fungsi lantas, Binmas dan Samapta serta polsek jajaran"kata Kapolres Belu.

"Tujuannya supaya masyarakat tetap sehat, pemulihan ekonomi berjalan baik dan menekan laju penyebaran covid-19 di wilayah tapal batas RI-RDTL ini"tutup Kapolres Belu.

Sejumlah Pejabat lainnya yang turut serta dalam kegiatan tersebut antara lain, Kabid trantib Pol PP,  Kabid Penegak Pol PP, Kasat Lantas, Kasat Samapta, Kasat Binmas, KBO Sat Samapta, KBO Sat Lantas dan Paur Subbag Bin Ops Polres Belu.