Terapkan Protokol Kesehatan Ketat, Pelatihan Satuan Pengamanan ditutup Hari Ini

Terapkan Protokol Kesehatan Ketat, Pelatihan Satuan Pengamanan ditutup Hari Ini

Tribratanewsntt.com,-  Ditbinmas Polda NTT menyelenggarakan upacara penutupan pelatihan Satuan Pengamanan (Satpam) di wilayah Kabupaten Belu.

Hal tersebut ditandai dengan penyerahan sertifikat Satpam oleh Wakapolres Belu Kompol  Fajar Firgantara S.I.K. yang bertindak selaku Inspektur Upacara, kepada perwakilan Satpam, Senin (18/10/21).

Pelatihan Satpam ini baru dibuka kembali bulan oktober 2021 setelah ditutup sementara dari bulan April tahun 2020 lalu akibat pandemi Covid 19.

Kegiatan pelatihan diselenggarakan selama dua minggu, para peserta dibekali dengan materi-materi ilmu Kepolisian diantaranya pengetahuan dasar Radio, tongkat borgol serta penangkapan dan penggeledahan yang diberikan pemateri dari Ditbinmas Polda NTT maupun para Kasat Polres Belu.

Para peserta pelatihan juga diberikan tes rapit antigen oleh pemerintah daerah Kabupaten Belu sebelum pelaksanaan kegiatan pelatihan. Ini dilakukan guna mencegah timbulnya klaster baru mengingat saat ini masih dalam situasi pendemi covid 19.

"Dalam pelaksanaan pelatihan ini diterapkan protokol kesehatan yang cukup ketat agar tidak muncul klaster baru. Sebelum masuk ke kelas para peserta pelatihan wajib melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan mencuci tangan serta tidak lupa memakai masker kesehatan"ujar Kompol  Fajar Firgantara S.I.K. disela-sela kegiatan upacara penutupan.

Adapun peserta pelatihan Satpam yang telah selesai mengikuti pelatihan dan dilantik hari ini di Kabupaten Belu sebanyak 135 orang dengan rincian jumlah peserta laki laki sebanyak 132 orang dan tiga orang wanita.

Bagi masyarakat NTT yang akan mendaftar sebagai peserta pelatihan silahkan mendatangi Ditbinmas Polda NTT. Persyaratan pendaftaran Satpampun tidak sulit yakni cukup menyiapkan Ijazah Terakhir, KTP, Sidik Jari, Kartu Vaksin dan Swab Antigen 1x24 jam.