Tim Cyber Patroli Polda NTT Cegah Penyebaran HOAX dan Ujaran Kebencian dalam Rangka Pemilu 2024

Tim Cyber Patroli Polda NTT Cegah Penyebaran HOAX dan Ujaran Kebencian dalam Rangka Pemilu 2024

Tribratanewsntt.com - Personel Tim Cyber Patroli Ditreskrimsus Polda NTT yang terlibat dalam operasi Mantab Brata melaksanakan pemantauan dan monitoring di media sosial pada setiap tahapan jelang pemilu yang akan diselenggarakan pada bulan Februari 2024.

Kegiatan patroli Cyber ini berlangsung di ruang Cyber Ditreskrimsus Mapolda NTT, Selasa 7 November 2023. Sebagai upaya untuk menciptakan situasi aman dan nyaman di media sosial.

Tim Cyber Patroli berkomitmen untuk menjaga media sosial agar bebas dari HOAX, SARA, dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu proses pemilu.

Tim Cyber Patroli Polda NTT terdiri dari enam personel Subsatgas Siber yang telah dikerahkan untuk melaksanakan patroli siber. Mereka dipimpin oleh Kompol Yan Kristian Ratu, S.H., sebagai Kasubsub Satgas Lidik, didampingi AKP Amru Ichsan, S.H., sebagai Kasubsub Satgas Sidik, dan empat anggota lainnya yang siap menjalankan tugas mereka dengan penuh dedikasi.

Sasaran utama dari patroli siber ini adalah media sosial dan media online, di mana personel Subsatgas Siber akan memantau berbagai informasi dan isu yang berkaitan dengan pemilu. Selain itu, mereka akan mengumpulkan data dan mengolahnya guna mencegah tindakan cyber crime yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilu.

Kegiatan patroli siber ini juga mencakup pengecekan keamanan data dan situs web penyelenggara pemilu, seperti Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) NTT dan Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) NTT, sebagai bagian dari upaya menjaga integritas pemilu.

Hasil dari kegiatan patroli siber ini hingga saat ini melaporkan bahwa isu-isu terkait pemilu masih didominasi oleh komentar dan dukungan terhadap calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dari para relawan dan simpatisan. Namun, belum ada dugaan tindak pidana siber di wilayah Nusa Tenggara Timur yang berhubungan langsung dengan pemilu, dan juga tidak ada pengaduan dari masyarakat terkait hal tersebut.

Kepala Satuan Tugas Siber (Kasatgas Siber) Kombes Pol. Kuswandi Irwan, S.I.K., selaku Dirreskrimsus Polda NTT menjelaskan bahwa kegiatan patroli siber ini merupakan langkah kunci dalam menjaga keamanan dan integritas pemilu di wilayah Nusa Tenggara Timur.

"Dengan adanya patroli ini, diharapkan potensi ancaman cyber crime dapat diminimalisir, sehingga pemilu dapat berjalan dengan aman dan transparan", jelasnya.

Patroli siber ini akan berlanjut hingga pemilu selesai, menjaga keamanan dan keberlangsungan pemilihan umum, dan semua pihak diharapkan dapat mendukung upaya ini guna menciptakan pemilu yang berkualitas dan adil bagi seluruh warga Nusa Tenggara Timur.