TIM LABFOR DENPASAR GELAR COACHING CLINIC DI POLRES SIKKA

TIM LABFOR DENPASAR GELAR COACHING CLINIC DI POLRES SIKKA

Tribratanewsntt.com - Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Cabang Denpasar pada hari Rabu (7/9/2016 pukul 09.00 wita) menggelar kegiatan Coaching Clinic yang dipimpin oleh Ketua Tim yaitu Kombes Pol Ir. Koesnadi, M.si bersama 3 orang Anggotanya bertempat di Aula "Kemala" Polres Sikka.

Adapun susunan lengkap tim Labfor tersebut, yakni : 1. Kombes Pol Ir. Koesnadi, M.Si (Ketua Tim) 2. AKBP Hermeidi (Anggota Tim) 3. AKBP Ngurah Wijaya (Anggota Tim) 4. KOMPOL Anang (Anggota Tim)

Turut hadir pada kesempatan tersebut, diantaranya adalah Kapolres Sikka AKBP I Made Kusuma Jaya, SH., SIK., para Pejabat Utama Polres Sikka, para Kapolsek jajaran Polres Sikka, para Kanit Reskrim Polsek jajaran, para Anggota Bhabinkamtibmas Polres Sikka serta seluruh Anggota Polres Sikka.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan Pelatihan Coaching Clinic tersebut, Kapolres Sikka mengatakan bahwa melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan nantinya dapat membantu Anggota Polres Sikka dalam pelaksanaan penyelidikan dan penyidikan kejahatan, khususnya kejahatan ilmiah (Scientific Crime Invenstigaton) guna mendukung pengungkapan tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Polres Sikka.

"Cermati, dengarkan dan hayati apa yang disampaikan, karena hal sangat bermanfaat guna mendukung pengungkapan kasus tindak pidana," tegas Kapolres Sikka.

Sedangkan Kombes Pol Koesnadi dalam pembukaannya mengatakan bahwa, Dalam era globalisasi saat ini proses penyidikan tidak hanya dengan cara konvensional yang mengandalkan pengakuan tersangka/saksi, namun perlu dengan cara penyidikan secara Ilmiah.

Pembuktian secara ilmiah pada proses penyidikan kasus pidana merupakan alat bukti yang paling dapat diandalkan dan bahkan menjadi tulang punggung (back-bone) dalam proses peradilan pidana terutama pada pengungkapan suatu kasus maupun pelaku dalam proses penyidikan. Kita tidak lagi mengejar pengakuan Tersangka dalam sistem pembuktian, ujar Kombs Pol Koenadi.

Tampak para peserta Coaching Clinic antusias mendengarkan beberapa materi yang disampaikan oleh Tim dari Laboratorium Forensik Polri Cabang Denpasar.